Penerapan Metode Imitasi Dan Drill Dalam Permainan Musik Ansambel Pianika Dengan Model Lagu Ana Sai Nabe Pada Siswa – Siswi SMPN Satu Atap Nuamuri 2 Kabupaten Ende

BENGE, Adventus (2023) Penerapan Metode Imitasi Dan Drill Dalam Permainan Musik Ansambel Pianika Dengan Model Lagu Ana Sai Nabe Pada Siswa – Siswi SMPN Satu Atap Nuamuri 2 Kabupaten Ende. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (73kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (952kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (78kB)

Abstract

Musik ansambel adalah salah satu jenis musik yang instrumennya terdiri dari sejumlah alat musik yang dimainkan secara bersama sama oleh sejumlah orang. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran musik ansambel pianika menggunakan metode imitasi dan dengan model lagu “Ana Sai Nabe” pada siswa siswi kelas VII SMP Negeri Satu Atap Nuamuri 2. Berdasarkan masalah diatas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara membelajarkan musik ansambel menggunakan metode imitasi dan drril dengan model lagu “Ana Sai Nabe” pada siswa-siswi kelas VII SMP Negeri Satu Atap Nuamuri 2. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan lapangan di mana pembelajaran dilaksanakan dalam tujuh kali pertemuan. Teknik pukulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data penelitian dianalisa secara kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) pembelajaran musik ansambel pianika menggunakan metode drill dan imitasi efektif dilaksanakan dalam tujuh kali pertemuan; 2) siswa siswi kelas VII SMP Negeri Satu Atap Nuamuri 2 memiliki kemampuan memainkan ansambel musik pianika dengan baik; 3) kesulitan yang paling banyak dialami siswa siswi adalah ketepatan menekan nada pada tuts; 4) kesulitan ini dapat diatasi dengan cara berlatih secara berulang ulang dengan contoh yang diberikan oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan bermain ansambel pianika setelah penerapan metode imitasi dan drill. Berdasarkan hasil penelitian dapt disimpulkan bahwa setelah mengikuti proses penelitian ini siswa-siswi SMPN SATU ATAP NUAMURI 2 akhirnya mempunyai keterampilan dalam menyajikan permainan musik ansambel dengan baik. Dengan demikian metode imitasi dan drill membantu siswa memahami dan meningkatkan permainan ansambe pianikal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, musik, ansambel, pianika, drill, imitasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Pd Adventus Benge
Date Deposited: 30 Aug 2023 05:54
Last Modified: 30 Aug 2023 05:54
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13402

Actions (login required)

View Item View Item