Evaluasi Pemisah Arah, Terhadap Kinerja Ruas Jalan Jenderal Soeharto Kota Kupang

OLA, Yoseph Enga Dasanto (2023) Evaluasi Pemisah Arah, Terhadap Kinerja Ruas Jalan Jenderal Soeharto Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (679kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (64kB)

Abstract

Sepanjang ruas Jalan Jenderal Soeharto didominasi pertokoan, sarana pendidikan, perdagangan, perhotelan, dan SPBU yang mengakibatkan ruas jalan ini memiliki aktivitas yang sangat tinggi, hal ini dapat  menyebabkan terjadinya konflik pergerakan dalam arus lalulintas dan juga dapat memicu kemacetan. Pemisah arah sementara sendiri di pasang di Jalan Jenderal Soeharto Sta.00+600 sampai Sta.00+850 agar dapat mengurangi konflik  kendaraan belok kanan sehingga dapat meningkatkan kelancaran lalulintas.  Berdasarkan hasil analisis dari evaluasi kinerja jalan yang telah dilakukan, dapat dinyatakan bahwa kapasitas jalan setelah adanya pemisah arah  menjadi bertambah menjadi 2213,24smp/jam dari sebelumm adanya pemisah arah  yaitu 2079smp/jam sedangkan  untuk kecepatan arus bebas yang sebelum adanya pemisah arah  37,18 Km/Jam menjadi menurun setelah adanya pemisah arah  35,72 Km/Jam,  dan  derajat kejenuhan  sebelum adanya pemisah arah  1,09 menjadi meningkat menjadi 1,69 setelah adanya pemisah arah,  dengan tingkat pelayanan tetap sama dalam predikat buruk atau F sebelum maupun sesudah adanya pemisah arah, faktor meningkatnya derajat kejenuhan disebabkan dari volume lalulintas yang meningkat dari sebelum adannya pemisah arah  1722,70 Smp/Jam menjadi 3757,50 Smp/Jam setelah adanya pemisah arah, bertambahnya volume lalulintas dipengaruhi oleh bertambahnya penduduk kota Kupang setiap tahunnya sedangkangkan untuk hambatan samping menurun sebelum adanya pemisah arah  2277,25Smp/Jam menjadi 1031,40 Smp/Jam setelah adanya pemisah arah. Solusi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja ruas jalan dan tingkat pelayanan jalan adalah dengan cara  pemasangan rambu-rambun larang parkir untuk mengurangi tingkat hambatan samping akibat kurangnya kesadaran masyarakat pengguna jalan dan Perlu diadakan penertiban oleh pihak-pihak terkait agar dapat menertipkan pedagang kaki lima yang berdagang di trotoar yang dapat mengurangi fungsi trotoar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Ruas Jalan, Pemisah Arah  Tingkat Pelayanan Jalan, Volume,   Hambatan Samping Kapasitas, Kecepatan Arus Bebas
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: S.T YOSEPH ENGA DASANTO OLA
Date Deposited: 30 Aug 2023 05:29
Last Modified: 30 Aug 2023 05:29
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13414

Actions (login required)

View Item View Item