OLA, Yoseph Enga Dasanto (2023) Evaluasi Pemisah Arah, Terhadap Kinerja Ruas Jalan Jenderal Soeharto Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (679kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (167kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (590kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (542kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (64kB) |
Abstract
Sepanjang ruas Jalan Jenderal Soeharto didominasi pertokoan, sarana pendidikan, perdagangan, perhotelan, dan SPBU yang mengakibatkan ruas jalan ini memiliki aktivitas yang sangat tinggi, hal ini dapat menyebabkan terjadinya konflik pergerakan dalam arus lalulintas dan juga dapat memicu kemacetan. Pemisah arah sementara sendiri di pasang di Jalan Jenderal Soeharto Sta.00+600 sampai Sta.00+850 agar dapat mengurangi konflik kendaraan belok kanan sehingga dapat meningkatkan kelancaran lalulintas. Berdasarkan hasil analisis dari evaluasi kinerja jalan yang telah dilakukan, dapat dinyatakan bahwa kapasitas jalan setelah adanya pemisah arah menjadi bertambah menjadi 2213,24smp/jam dari sebelumm adanya pemisah arah yaitu 2079smp/jam sedangkan untuk kecepatan arus bebas yang sebelum adanya pemisah arah 37,18 Km/Jam menjadi menurun setelah adanya pemisah arah 35,72 Km/Jam, dan derajat kejenuhan sebelum adanya pemisah arah 1,09 menjadi meningkat menjadi 1,69 setelah adanya pemisah arah, dengan tingkat pelayanan tetap sama dalam predikat buruk atau F sebelum maupun sesudah adanya pemisah arah, faktor meningkatnya derajat kejenuhan disebabkan dari volume lalulintas yang meningkat dari sebelum adannya pemisah arah 1722,70 Smp/Jam menjadi 3757,50 Smp/Jam setelah adanya pemisah arah, bertambahnya volume lalulintas dipengaruhi oleh bertambahnya penduduk kota Kupang setiap tahunnya sedangkangkan untuk hambatan samping menurun sebelum adanya pemisah arah 2277,25Smp/Jam menjadi 1031,40 Smp/Jam setelah adanya pemisah arah. Solusi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja ruas jalan dan tingkat pelayanan jalan adalah dengan cara pemasangan rambu-rambun larang parkir untuk mengurangi tingkat hambatan samping akibat kurangnya kesadaran masyarakat pengguna jalan dan Perlu diadakan penertiban oleh pihak-pihak terkait agar dapat menertipkan pedagang kaki lima yang berdagang di trotoar yang dapat mengurangi fungsi trotoar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja Ruas Jalan, Pemisah Arah Tingkat Pelayanan Jalan, Volume, Hambatan Samping Kapasitas, Kecepatan Arus Bebas |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | S.T YOSEPH ENGA DASANTO OLA |
Date Deposited: | 30 Aug 2023 05:29 |
Last Modified: | 30 Aug 2023 05:29 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13414 |
Actions (login required)
View Item |