Meningkatkan Permainan Musik Ansambel Menggunakan Irama Keroncong Dengan Model Lagu “ Ie” Pada Siswa Minat Musik Kelas XI SMAN 2 Kupang

BAE, Prisco De Segu Aloysius (2023) Meningkatkan Permainan Musik Ansambel Menggunakan Irama Keroncong Dengan Model Lagu “ Ie” Pada Siswa Minat Musik Kelas XI SMAN 2 Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (74kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (116kB)

Abstract

Ansambel dalam musik adalah permainan bersama dalam kelompok kecil dengan jumlah pemain berkisar antara 2 sampai 15 orang. Ansambel campuran merupakan sajian musik yang dimainkan oleh beberapa orang pemaian dengan jenis alat musik yang berbeda-beda. Dalam ansambel campuran ini akan terjalin kerja sama harmonis antara alat musik melodis yang berjalan dengan acuan pola ritmis. Dalam pembelajaran ansambel campuran siswa/siswi dituntut untuk bisa memainkansetiap alat musik baik itu ansambel sejenis maupun ansambel Campuran dengan memperhatikan keselarasan bunyi didukung kekompakan saat memulai dan mengakhiri serta menjaga tempo permainan. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan permainan musik ansambel menggunakan irama keroncong dengan model lagu “ ie” pada siswa minat musik kelas xi sman 2 kupang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsiskan proses meningkatkan permainan musik keroncong ansambel campuran dengan model lagu “Ie Ie” pada siswa minat musik kelas XI SMAN 2 Kupang”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode yang digunakan yaitu metode tindakan lapangan, dan untuk memperoleh data, digunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, pelaksanaan upaya pembelajaran musik ansambel campuran, menggunakan tiga tahap yaitu tahap awal perekrutan anggota ansambel Campuran, pembagian jadwal latihan. Tahap inti peneliti, menjelaskan tentang materi ansambel campuran, pembagian peran, latihan intro, latihan lagu pokok bagian 1 dan 2, latihan reff dan latihan coda untuk semua instrumen. Tahap akhir penelitian yaitu menampilkan hasil latihan. Dalam pembelajaran, peneliti menemukan kesulitan terutama pada tempo, dinamika dan kekompakan pada saat penggabungan semua instrumen. Untuk mengatasi kesulitan itu peneliti memberikan contoh kepada peserta untuk ditiru dan latihan secara terus menerus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ansambel Campuran, Model lagu Ie, Metode Imitasi Dan Metode Drill
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Pd Aloysius Segu De Prico Bae
Date Deposited: 30 Aug 2023 06:21
Last Modified: 30 Aug 2023 06:21
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13416

Actions (login required)

View Item View Item