Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Solmisasi Menggunakan Metode Solfeggio Pada Siswa/Siswi Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Ende

EDO, Metola Margaretha (2023) Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Solmisasi Menggunakan Metode Solfeggio Pada Siswa/Siswi Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Ende. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (474kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (160kB)

Abstract

Keterampilan membaca solmisasi merupakan sistem menempatkan suku kata berbeda pada setiap notasi angka dan notasi balok kemudian menyanyikannya. Solmisasi sendiri mempunyai arti menempatkan suku kata yang berbeda ke dalam setiap not dalam skala musik. Teknik bernyanyi menggunakan solmisasi ini sangat penting agar siswa/siswi mampu menyanyikan lagu dengan baik dan benar. Kemampuan membaca notasi solmisasi yang diharapkan adalah kemampuan membaca notasi solmisasi yang menyeluruh dimana siswa dapat membedakan tinggi rendahnya nada dan urutan nada dengan membaca notasi-notasi yang ada di dalam notasi musik dengan menggunakan simbol-simbol nada bisa berupa not angka maupun not balok. Perumusan masalah yang diajukan dalam skripsi penelitian ini yaitu 1) bagaimana proses meningkatkanketerampilan membaca solmisasi pada siswa/siswi kelas XI IPS 1 SMAN 2 Ende?; 2) apa efektifitas metode solfeggio dapat meningkatkan keterampilan membaca solmisasi pada siswa/siswi kelas XI IPS 1 SMAN 2 Ende?. Tujuan yang ingin dicapai oleh penulis adalah untuk 1) mengetahui upaya yang dilakukan dalam keterampilan membaca solmisasi dengan metode solfeggio pada siswa/siswi kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Ende;2) adapun efektifitas penggunaan metode solfeggio yakni ear training (latihan variasi ritmis dan variasi melodi dan solfeggio yang dilakukan secara berulang). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan lapangan. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode solfeggio. Data penelitian dikumumpulkan menggunakan studi pustaka dan studi lapangan yakni teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan latihan metode solfeggio yang dilakukan secara berulang-ulang, anggota penelitian dapat dengan mudah memorisasi nada-nada baik itu tangga nada natural, tangga nada interval, maupun tangga nada kromatis dan membawa perubahan cara bernyanyi menggunakan notasi sederhana dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Solmisasi, SMA Negeri 2 Ende, Metode Solfegio
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Pd Margaretha Metola Edo
Date Deposited: 30 Aug 2023 06:29
Last Modified: 30 Aug 2023 06:29
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13419

Actions (login required)

View Item View Item