Keterampilan Penyajian Tari Kreasi Lilifuk Etnis Helong Pada Mahasiswa Minat Tari Semester II Program Studi Pendidikan Musik Unwira Kupang

NATONIS, Adtrysno (2023) Keterampilan Penyajian Tari Kreasi Lilifuk Etnis Helong Pada Mahasiswa Minat Tari Semester II Program Studi Pendidikan Musik Unwira Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (104kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (48kB)

Abstract

Seni merupakan suatu yang hidup sejalan dengan mekarnya rasa keindahan yang tumbuh dalam sanubari manusia dari masa kemasa dan hanya dapat dinilai dengan ukuran rasa. Tari merupakan salah satu cabang seni yang menggunakan gerak sebagai medianya. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini ada dua, yakni pertama bagaimana bentuk penyajian Tari Lilifuk dan bagaimana proses penerapan tari Lilifuk pada mahasiswa minat tari Prodi Pendidikan Musik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk tari Lilifuk, kedua mendeskripsikan proses latihan Tari Lilifuk. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode penelitian tindakan lapangan. Data penelitian dikumpulkan melalui tiga teknik yakni teknik observasi, wawancara dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian berkaitan dengan proses penyajian Tari Lilifuk dilakukan sebanyak 10 kali pertemuan. Bentuk tari Lilifuk dideskripsikan berdasarkan ragam gerak yang terdiri dari sembilan ragam gerak tari, 5 pola lantai yakni bentuk diagonal, lurus, segitiga, lingkaran, dan bentuk huruf V. Tata busana, aksesoris dan properti tari. Alat musik pengiring Tari Lilifuk adalah tambur, gong, dan musik program (Midi). Hasil akhir dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam proses penyajian gerak, ada beberapa anggota penari yang mampu menguasai dengan baik ragam gerak ada juga yang mengalami kesulitan dalam beberapa gerak. Akan tetapi, masalah tersebut dapat diminimalisir dengan menggunakan metode drill dan imitasi. Metode imitasi dilakukan dengan peneliti memberikan contoh menggunakan tempo yang lambat pada petemuan pertama sampai pertemuan ketujuh, kemudian penari meniru dan melakukan gerakan tersebut secara berulang-ulang sehingga mencapai gerak dan tempo yang sesuai dengan gerak dan tempo asli Tari Lilifuk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, bentuk, Tari Lilifuk, metode drill dan metode imitasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Pd Adtrysno Natonis
Date Deposited: 04 Sep 2023 00:38
Last Modified: 04 Sep 2023 00:38
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13592

Actions (login required)

View Item View Item