Penerapan Teknik Frasering Dalam Bernyanyi Unisono Pada Model Lagu "Hymne Guru" Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Bagi Siswa-Siswi SMA Mgr. Gabriel Manek, SVD Lahurus Kabupaten Belu

MALI, Veronika Ignasia Moruk (2023) Penerapan Teknik Frasering Dalam Bernyanyi Unisono Pada Model Lagu "Hymne Guru" Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Bagi Siswa-Siswi SMA Mgr. Gabriel Manek, SVD Lahurus Kabupaten Belu. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (49kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (44kB)

Abstract

Frasering merupakan pemenggalan kalimat lagu yang disebabkan oleh keterbatasan kemampuan bernapas dengan diusahakan tidak menghilangkan makna kalimat lagu tersebut, sehingga dapat dimengerti makna dari lagu yang dinyanyikan. Siswa-siswi di sekolah SMA Mgr. Gabriel Manek, SVD Lahurus ketika benyanyi belum menerapkan teknik phrasering semestinya guna memperoleh pesan dari lagu-lagu tersebut. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana proses penerapan teknik frasering dalam bernyanyi unisono dengan Model Lagu Hymne Guru bagi siswa siswi SMA Mgr. Gabriel Manek SVD Lahurus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan teknik frasering dalam bernyanyi unisono dengan Model Lagu Hymne Guru bagi siswa siswi SMA Mgr. Gabriel Manek SVD Lahurus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan adalah penelitian tindakan lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi pustaka dan studi lapangan yang meliputi observasi,wawancara dan dokumentasi, serta subjek pada penelitian ini berjumlah 15 orang siswa-siswi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penerapan teknik frasering ini diawali dengan penjelasan teknik frasering kepada siswa-siswi lalu dilanjutkan dengan teknik pemanasan pernapasan dalam delapan hitungan, setelah itu melatih etude-etude dan sebelum memulai pada latihan model lagu, siswa-siswi dibimbing menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini dengan penerapan teknik frasering. Hal ini dapat dilihat dari kemajuan siswa-siswi dari sebelum penelitian, siswa-siswi juga mampu bernyanyi sesuai penerapan teknik dengan baik dan benar. Kendala yang dialami seperti siswa-siswi memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti pada guru seni budaya di sekolah ini, dari hasil wawancara tersebut peneliti menemukan masalah yakni siswa-siswi belum mampu membaca notasi, bahkan dalam penerapan teknik frasering pun jarang diterapkan dalam bernyanyi, oleh karena itu peneliti berinisiatif untuk melakukan penelitian ini.Oleh karena itu, untuk mengatasi kendala tersebut peneliti menggunakan metode drill dimana siswa-siswi dapat melakukan latihan secara terus-menerus agar dapat memperoleh hasil yang baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses penerapan teknik frasering sangat membantu agar siswa-siswi dapat bernyanyi dengan menerapkan teknik frasering yang baik, dan penerapan teknik frasering sangat penting dalam bernyanyi agar dapat meningkatkan keterampilan bagi siswa-siswi sehingga boleh bernyanyi dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Frasering, Bernyanyi Unisono, Hymne Guru, Metode Dril
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Pd Veronika Ignasia Moruk Mali
Date Deposited: 04 Sep 2023 00:44
Last Modified: 04 Sep 2023 00:44
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13601

Actions (login required)

View Item View Item