Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP

TERE, Maria Anjelina Ina (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (964kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (325kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMPK St. Yoseph Noelbaki yang berjumlah 22 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data nilai pretest dan posttest dari kelas eksperimen dengan model pembelajaran problem based learning. Data yang diperoleh, dianalisis menggunakan program SPSS. Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas untuk data pretest dan data posttest. Berdasarkan hasil uji, data pretest dan data posttest berdistribusi normal sehingga dilanjutkan ke uji hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan paired sampel test, setelah data dianalisis diperoleh nilai Sig.(2-tailed) = 0,000<0,05 dan D_hitung=8,763>D_tabel=2,080 maka tolak H_O, sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem based learning terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika. Oleh karena itu, penulis menyarankan bagi para guru agar menggunakan model pembelajaran problem based learning pada pembelajaran dikelas sesuai dengan materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Problem Based Learning,Prestasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: S.Pd Maria Anjelina Ina Tere
Date Deposited: 04 Sep 2023 06:33
Last Modified: 04 Sep 2023 06:33
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13616

Actions (login required)

View Item View Item