Meningkatkan Pembelajaran Bermain Musik Ansambel Pianika Dengan Model Lagu Kuan Kefa pada Siswa-Siswi Kelas VIII A SMP Negeri Satu Atap Nunhala Kecamatan Noemuti Kabupaten Timor Tengah Utara

TAEK, Normayunita (2023) Meningkatkan Pembelajaran Bermain Musik Ansambel Pianika Dengan Model Lagu Kuan Kefa pada Siswa-Siswi Kelas VIII A SMP Negeri Satu Atap Nunhala Kecamatan Noemuti Kabupaten Timor Tengah Utara. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (600kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (745kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (317kB)

Abstract

Musik ansambel merupakan salah satu materi pelajaran penting dalam pelajaran seni musik di sekolah. Sekalipun permainan musik ansambel mempunyai nilai pendidikan yang cukup tinggi di sekolah, namun proses pembelajaran musik ansambel pianika di SMP Negeri Satu Atap Nunhala masih jauh dari sempurna. Berdasarkan latar belakang masalah penelitian maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Meningkatkan Pembelajaran Musik Ansambel Pianika Dengan Model Lagu Kuan Kefa pada Siswa-Siswi Kelas VIII A SMP Negeri Satu Atap Nunhala Kecamatan Noemuti Kabupaten Timor Tengah Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Langkah-langkah Meningkatkan Pembelajaran Musik Ansambel Pianika Dengan Model Lagu Kuan Kefa pada Siswa-Siswi Kelas VIII A SMP Negeri Satu Atap Nunhala Kecamatan Noemuti Kabupaten Timor Tengah Utara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan lapangan, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran musik ansambel pianika dilakukan melalui 3 tahap yakni, tahap awal perekrutan sasaran penelitian dan penentuan jadwal latihan. Tahap inti, menjelaskan tentang musik ansambel pianika, pembagian peran dalam bermain musik ansambel pianika, latihan etude, selanjutnya peneliti melatih peserta memainkan lagu Kuan Kefa bagian demi bagian secara berulang-ulang sampai mereka mampu memainkan lagu tersebut dengan baik. Tahap akhir dari penelitian ini siswa-siswi mempresentasikan permainan musik ansambel pianika dengan lagu Kuan Kefa. Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan bahwa Meningkatkan Pembelajaran Musik Ansambel Pianika Dengan Model Lagu Kuan Kefa pada Siswa-Siswi Kelas VIII A SMP Negeri Satu Atap Nunhala Kecamatan Noemuti Kabupaten Timor Tengah Utara sudah berhasil meskipun belum sempurna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pianika, Ansambel Sejenis, dan Metode Drill.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Pd Normayunita Taek
Date Deposited: 04 Sep 2023 06:45
Last Modified: 04 Sep 2023 06:45
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13632

Actions (login required)

View Item View Item