Makna Budaya Dalam Tradisi Haknuduk Ai Balun (Studi Kasus Pada Suku Do’u, Desa Tukuneno, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu)

MAU, Kristiandy Keno (2023) Makna Budaya Dalam Tradisi Haknuduk Ai Balun (Studi Kasus Pada Suku Do’u, Desa Tukuneno, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Makna Budaya dalam tradisi haknuduk ai balun (Studi Kasus Pada Suku Do’u, Desa Tukuneno, Kecamatan Tasifeto Barat Kabupaten Belu”. Tradisi merupakan sutau tradisi yang dilakukukan saat pemakaman sebagai bentuk penghiburan kepada keluarga yang ditinggalkan. Dalam tradisi haknuduk ai balun terdapat beberapa makna salah satunya makna budaya. Jenis penelitian : deskriptif Kualitatif, metode yang digunakan : metode studi kasus. Sumber data primer adalah para informan dari suku do’u, sedangkan data-data sekunder adalah data-data yang berkaitan dengan variabel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan Studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis dan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan makna budaya dalam tradisi haknuduk ai balun berupa sentuhan pada tiris rumah adat, bermakna identitas diri, berpamitan dan pelepasan, makna narasi lisan berupa permohonan kepintaran, kesuburan dan perlindungan dan sentuhan ain dikin bermakna meminta izin, penerimaan dan pengantaran sedangkan maknanya berupa makna religi dan persatuan. Makna religinya percaya pada Tuhan dan leluhur, meminta perlindungan dan selalu sehat. Sedangkan makna persatuannya hubungan kekeluargaan semakin erat, tetap terjaga dan ikatan persaudaraan semakin tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tradisi, makna budaya,Komunikasi budaya, masyarakat
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom KRISTIANDY KENO MAU
Date Deposited: 09 Sep 2023 22:44
Last Modified: 09 Sep 2023 22:44
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13859

Actions (login required)

View Item View Item