Pengaruh Parkir Pada Badan Jalan Terhadap Kinerja Jalan Pada Jalan Pramuka Kota Atambua (Studi Kasus Depan Toko Sarinah Sampai Depan Toko Kharisma Tani)

MUTI, Klaudius Kolombiere (2023) Pengaruh Parkir Pada Badan Jalan Terhadap Kinerja Jalan Pada Jalan Pramuka Kota Atambua (Studi Kasus Depan Toko Sarinah Sampai Depan Toko Kharisma Tani). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (573kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (791kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (704kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (809kB)

Abstract

Pengendalian parkir di badan jalan merupakan salah satu unsur pengendalian lalu lintas untuk mengurangi kemacetan. Permasalahanlalu lintas yang diakibatkan oleh beroperasinya kendaraan yang parkir di badan jalan tentunya merugikan pengguna jalan. Salah satu jalan yang paling padat di kota Atambua adalah jalan Jalan Pramuka (Depan Toko Sarinah Sampai Depan Toko Kharisma Tani) karena banyak kegiatan ekonomi seperti pasar yang menghubungkan toko-toko, kantor, sekolah, dll, serta tidak cukup parkir ruang angkasa. kapasitas dan pengguna jalan lainnya tidak menggunakan fasilitas parkir di Jalan Pramuka. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kinerja jalan di Jalan Pramuka. Analisis dengan metode Buku Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia menunjukkan kinerja jalan yang rendah, karena nilai LoS untuk keadaan saat ini mencapai 0,32 (kelas F) saat arus dipaksa atau diblokir, kecepatan rendah, Q melebihi kapasitas, antrean panjang dan hambatan besar terjadi. Dan LoS untuk tidak ada parkir adalah 0,29 (Kelas E) saat lalu lintas mendekat atau pada kapasitas throughput yang tidak stabil, terkadang berhenti. Keadaan umum yang berperan serta terhadap kemacetan lalulintas dan penurunan kelas pelayanan jalan yaitu operasi parkir di badan jalan. Untuk meningkatkan efisiensi operasional ruas jalan, salah satu bidang yang perlu ditingkatkan adalah pengelolaan tempat parkir di badan jalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Parkir, Lalu lintas, Kemacetan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: S.T Klaudius Kolombiere Muti
Date Deposited: 09 Sep 2023 13:43
Last Modified: 09 Sep 2023 13:43
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13890

Actions (login required)

View Item View Item