Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Terhadap Prestasi Mahasiswa Program Studi Manajemen Angkatan 2020 Universitas Katolik Widya Mandira Kupang

SARI, Mariani Angelina Sriratna (2023) Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Terhadap Prestasi Mahasiswa Program Studi Manajemen Angkatan 2020 Universitas Katolik Widya Mandira Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSRAK.pdf

Download (855kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (446kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (653kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (403kB)

Abstract

Mariani Angelina Sriratna Sari (NIM 32119097) dengan judul “Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Terhadap Prestasi Mahasiswa Program Studi Manajemen Angkatan 2020 Universitas Katolik Widya Mandira Kupang”. Pada Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Program Studi Manajemen, Kosentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM). Di bawah bimbingan Ibu Anggraeny Paridy, SE, M. Si. Selaku Dosen Pembimbing I dan Ibu Maria Lopes Amaral, SE, MM Selaku Dosen Pembimbing II. Penelitian ini dilakukan berdasarkan data awal hasil pra penelitian pada Program Studi Manajemen Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, bahwa motivasi dan lingkungan mahasiswa belum maksimal karena terdapat faktor determinan yang perlu ditinjau guna meningkatkan prestasi mahasiswa Program Studi Manajemen. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui gambaran motivasi, lingkungan dan prestasi mahasiswa pada Program Studi Manajemen angkatan 2020 Universitas Katolik Widya Mandira Kupang; 2) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh motivasi dan lingkungan secara parsial terhadap prestasi mahasiswa pada Program Studi Manajemen angkatan 2020 Universitas Katolik Widya Mandira Kupang. 3) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh motivasi dan lingkungan secara simultan terhadap prestasi mahasiswa pada Program Studi Manajemen angkatan 2020 Universitas Katolik Widya Mandira Kupang. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Manajemen angkatan 2020 Universitas Katolik Widya Mandira Kupang yang berjumlah 81 orang. Jumlah Sampel dalam penelitian ini adalah 81 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan saturation sampling (Sampel Jenuh). Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari analisis deskriptif menunjukkan bahwa variabel motivasi termasuk dalam kategori baik dengan skor 80,25%, variabel lingkungan termasuk dalam kategori baik dengan skor 74,16% dan variabel prestasi mahasiswa termasuk dalam kategori baik dengan skor 77,20%. Berdasarkan pengujian hipotesis statistik menunjukkan bahwa; 1) Motivasi dan lingkungan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi mahasiswa; 2) Motivasi dan lingkungan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi mahasiswa. Hasil koefisien determinasi (R^2) diketahui bahwa kontribusi dari variabel motivasi dan variabel lingkungan terhadap prestasi mahasiswa sebesar 54,3%, sedangkan sisanya sebesar 45,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Disarankan agar mahasiswa program studi manajemen lebih meningkatkan motivasi dan menjaga lingkungan sekitar agar tetap kondusif sehingga prestasi yang dicapai semakin baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Lingkungan dan Prestasi Mahasiswa
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.M Mariani Angelina Sriratna Sari
Date Deposited: 08 Sep 2023 04:51
Last Modified: 08 Sep 2023 04:51
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13909

Actions (login required)

View Item View Item