Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA Pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh Manusia di SMA Negeri 1 Amfoang Barat Laut Kabupaten Kupang Tahun Ajaran 2022/2023

WUNGUBELEN, Alexander Lado (2023) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA Pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh Manusia di SMA Negeri 1 Amfoang Barat Laut Kabupaten Kupang Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (415kB)

Abstract

Penggunaan model discovery laearning di SMA Negeri 1 Amfoang barat laut sudah diterapkan oleh guru mata pelajaran bilologi, namun hasil belajar peserta didik masih dibawa standar KKM, hal ini disebabkan oleh kurangnya semangat peserta didik dalam belajar sehingga berpengaruh pada hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik guru berperan sebagai pembimbing dengan memberikan kesempatan pada peserta didik untuk belajar secara aktif dan mengarahkan kegiatan belajar peserta didik sesuai dengan tujuan pembelajaran, dimana menggunakan model discovery learning. model discovery learning, mampu meningkatkan keaktifan peserta didik dalam kelas. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Amfoang Barat Laut Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Amfoang Barat Laut, dengan sampel penelitian terdiri dari kelas XI MIA1 dan XI MIA2. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen diperoleh nilai pretest 44,45 meningkat menjadi 84,09 setelah diberi posttest. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai pretest 45,00 meningkat menjadi 77,88 setelah diberi posttest. Jumlah peserta didik yang tuntas pada kelas eksperimen adalah 87,87% dan yang tidak tuntas berjumlah 12,12%.Pada kelas kontrol jumlah peserta didik yang tuntas adalah 66,66% dan yang tidak tuntas berjumlah 33,33%. Berdasarkan hasil uji anacova satu arah diperoleh nilai probabilitas (sig) 0,004 lebih kecil dari nilai yang ditetapkan yaitu 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ha (model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik) diterima dan H0 (model discovery learning tidak berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik) ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didk kelas XI MIA pada materi Sistem pertahanan tubuh manusia di SMA Negeri 1 amfoang barat laut kabupaten Kupang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Hasil Belajar Peserta Didik, Sistem Pertahanan Tubuh Manusia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Pd Alexander Lado Wungubelen
Date Deposited: 11 Sep 2023 07:18
Last Modified: 11 Sep 2023 07:18
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14012

Actions (login required)

View Item View Item