Instagram Stories Sebagai Media Representasi Diri (Studi Fenomenologi Terhadap Alumni Prodi Ilmu Komunikasi Fisip Unwira Angkatan 2016)

ARISAPUTRA, Mario (2023) Instagram Stories Sebagai Media Representasi Diri (Studi Fenomenologi Terhadap Alumni Prodi Ilmu Komunikasi Fisip Unwira Angkatan 2016). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (980kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (24kB)

Abstract

Skripsi Berjudul “Penggunaan Instagram Stories sebagai media representasi diri dikalangan Alumni yang masuk pada tahun 2016 Prodi Ilmu Komunikasi Unwira”. Bagaimana penggunaan Instagram Stories sebagai media representasi diri dikalangan Alumni yang masuk pada tahun 2016 Prodi Ilmu Komunikasi Unwira?. Adapun tujuan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana/1penggunaan Instagram Stories sebagai media representasi diri dikalangan Alumni yang masuk pada tahun 2016 Prodi Ilmu Komunikasi Unwira, sehingga penelitian ini dapat memberikan gambaran dan pengetahuan kepada pembaca mengenai bagaimana para alumi yang masuk pada tahun 2016 Prodi Ilmu Komunikasi Unwira merepresentasikan diri melalui Instagram Stories. Dalam skripsi ini penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan metode penelitian yang dipakai yakni studi fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik wawancara mendalam dan observasi dengan menggunakan data primer dan skunder. Setelahnya data disajikan dalam bentuk uraian yang disusun secara sitematis dan data yang diperoleh tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Instagram sudah menjadi bagian dari keseharian para Alumni Prodi Ilmu Komunikasi Unwira angkatan 2016. Instagram digunakan sebagai panggung untuk membangun suatu citra tertentu. informan mengaku tidak memiliki maksud untuk menjadi terkenal atau dikenal banyak orang melalui akun Instagram mereka, namun faktanya ada kesan-kesan tertentu yang berusaha mereka pertahankan melalui akun Instagram masing-masing Instagram stories juga mempengaruhi kehidupan para Alumni Prodi Ilmu Komunikasi Unwira angkatan 2016 dalam hal ini Instagram Stories sebagai media representasi diri. Melalui Instargam Stories pengguna dapat menunjukan sisi diri yang lain. Hal ini menunjukan betapa pentingya Instagram Stories dalam kehidupan para Alumni Prodi Ilmu Komunikasi Unwira angkatan 2016. Berdasarkan hasil penelitian juga peneliti menyimpulkan bahwa para pengguna dalam hal ini Alumni Prodi Ilmu Komunikasi Unwira angkatan 2016 terikat secara emosional dengan realitas maya atau semu yang didapat dari Instagram. Melalui Instagram Stories pengguna menampilkan realitas lain dari kehidupan nyata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Representasi, Alumni Prodi Ilmu Komunikasi Unwira angkatan 2016, Instagram Stories.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom Mario Arisaputra
Date Deposited: 12 Sep 2023 01:42
Last Modified: 12 Sep 2023 01:42
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14088

Actions (login required)

View Item View Item