Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X Pada Materi Virus di SMA Negeri 1 Kupang Tengah Tahun Ajaran 2022/2023

CORNELIS, Inggrid Indria (2023) Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X Pada Materi Virus di SMA Negeri 1 Kupang Tengah Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (881kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (97kB)

Abstract

Hasil belajar merupakan tolak ukur untuk melihat keberhasilan peserta didik dalam menguasai materi pelajaran yang disampaikan selama pembelajaran. Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Virus di SMA Negeri 1 Kupang Tengah masih rendah, hal ini karena model pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar belum sepenuhnya melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Salah satu pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep biologi adalah menggunakan model Inkuiri Terbimbing Tujuan penelitian yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi Virus di SMA Negeri 1 Kupang Tengah. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 79,56, sedangkan kelas kontrol adalah 62,79.Hasil uji anacova, menunjukan bahwa nilai probabilitas (sig) lebih kecil dari taraf signifikan yang digunakan yaitu 0,05 . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Inkuri Terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas X Pada Materi Virus di SMA Negeri 1 Kupang Tengah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Inkuiri Terbimbing,Hasil belajar,Materi Virus.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Pd Inggrid Indria Cornelis
Date Deposited: 12 Sep 2023 05:44
Last Modified: 12 Sep 2023 05:44
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14173

Actions (login required)

View Item View Item