Efektivitas Komunikasi Anggota Organisasi Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri (Studi Kasus pada Perhimpunan Mahasiswa Asal Nagekeo di Kota Kupang)

PILI, Yohanes Kristanto (2023) Efektivitas Komunikasi Anggota Organisasi Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri (Studi Kasus pada Perhimpunan Mahasiswa Asal Nagekeo di Kota Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (215kB)

Abstract

Penelitian ini diajukan sebagai skripsi dengan judul “Efektivitas Komunikasi Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pada Anggota PERMASNA Kupang (Studi Kasus Pada Perhimpunan Mahasiswa Asal Nagekeo di Kota Kupang)”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas komunikasi PERMASNA Kupang dalam meningkatkan rasa percaya diri. Penelitian ini mengunakan metode penelitian studi kasus, jenis penelitian studi kasus kualitatif. Teknik pengumpulan data mengunakan wawancara mendalam dan observasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan cara ketekunan pengamatan dan pemeriksaan teman sejawat. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengunakan analisis kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil wawancara, efektifitas komunikasi yang terjadi di PERMASNA sangat efektif hal ini dapat dilihat dari cara anggota organisasi PERMASNA membuka diri dalam berinteraksi, kemampuan untuk menyampaikan pendapat dan mampu mendengar dan memberikan umpan balik. Sehingga menimbulkan rasa percaya diri bagi para anggota organisasi PERMASNA. Hasil analisis efektivitas komunikasi anggota organisasi dalam meningkatkan rasa percaya diri terdapat terdapat tiga faktor komunikasi efektif yakni : keterbukaan, keberanian, umpan balik. Pengunaan tiga faktor komunikasi efektif sangat mempengaruhi rasa percaya diri sehingga berdampak pada kemajuan organisasi PERMASNA Kupang. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan penulis dapat menyimpulkan bahwa Komunikasi yang terjalin antara sesama anggota PERMASNA Kupang berjalan dengan efektif, hal ini ditunjukan melalui indikator keterbukaan, keberanian dan umpan balik. Keterbukaan anggota PERMASNA Kupang dalam berkomunikasi ditunjukan melalui keberanian anggota dalam memulai komunikasi dan membuka diri dengan sesama anggota, keberanian dalam berkomunikasi terlihat melalui keberanian anggota PERMASNA Kupang dalam menyampaikan ide, gagasan, pemikiran, saran dan kritik yang membangun organisasi tanpa ada rasa takut dan malu. Oleh sebab itu penulis memberikan saran agar anggota Permasna Kupang lebih memperbanyak kegiatan yang mendorong terjadinya komunikasi efektif sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri anggota organisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Komunikasi, dan Rasa Percaya Diri
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom Yohanes Kristanto Pili
Date Deposited: 13 Sep 2023 05:44
Last Modified: 13 Sep 2023 05:44
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14241

Actions (login required)

View Item View Item