Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia di SMPK Giovanni Kota Kupang Tahun Ajaran 2022/2023

KERETANA, Ayub Ngedo (2023) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia di SMPK Giovanni Kota Kupang Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (286kB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik salah satunya disebabkan karena proses pembelajaran dikelas masih berpusat pada guru sebagai pengajar. Sehingga kurang aktifnya peserta didik dalam proses pembelajaran menyebabkan konsep-konsep materi tidak dipahami dengan baik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diperlukan suatu model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan peserta didik dalam kelas yaitu model Discovery Learning. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi Sistem Ekskresi pada Manusia di SMPK Giovanni Kota Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experiment. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non-equivalent pretestposttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen diperoleh nilai pretest 46,36 meningkat menjadi 82,95 setelah diberi posttest. Sedangkan pada kelas control diperoleh nilai pretest 42,72 meningkat menjadi 75,22 setelah diberi posttest. Jumlah peserta didik yang tuntas pada kelas eksperimen adalah 86,36% dan yang tidak tuntas berjumlah 13,64%. Pada kelas control jumlah peserta didik yang tuntas adalah 63,64% dan yang tidak tuntas berjumlah 36,36%. Berdasarkan hasil uji anacova satu arah diperoleh nilai probabilitas (sig) 0,002 lebih kecil dari nilai yang ditetapkan yaitu 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H0 (model Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik) diterima dan Ha (model Discovery Learning tidak berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik) ditolak. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi sistem ekskresi pada manusia di SMPK Giovanni Kota Kupang. v

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Hasil belajar, Materi Sistem Ekskresi pada Manusia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Pd AYUB NGEDO KERETANA
Date Deposited: 13 Sep 2023 23:58
Last Modified: 13 Sep 2023 23:58
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14268

Actions (login required)

View Item View Item