Jenis-Jenis Tumbuhan Yang Di Manfaatkan Sebagai Obat Tradisional Untuk Mengobati Penyakit Pada Manusia Oleh Masyarakat Baumata Timur Kecamatan Taebenu Kabupaten Kupang

SEDA, Maria Erwin (2023) Jenis-Jenis Tumbuhan Yang Di Manfaatkan Sebagai Obat Tradisional Untuk Mengobati Penyakit Pada Manusia Oleh Masyarakat Baumata Timur Kecamatan Taebenu Kabupaten Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (865kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (147kB)

Abstract

Kesehatan adalah suatu hal yang mendasar dalam hidup manusia. Seiring dengan perkembangan zaman banyak manusia yang berperilaku hidup kurang sehat sehingga menyebabkan manusia terkena penyakit, baik itu penyakit menular atau penyakit tidak menular. Meskipun sekarang banyak obat-obatan kimia yang digunakan manusia untuk menyembuhan penyakit namun obat-obatan kimia memiliki efek samping bagi tubuh manusia ketika dikonsumsi. Adanya efek samping yang timbul dari penggunaan obat-obatan kimia membuat masyarakat lebih memilih menggunakan obat-obatan tradisional dengan memanfaatkan tumbuhan yang ada disekitarnya. Sejak dulu masyarakat Desa Baumata telah memanfaatkan tumbuhan sebagai bahan obat-obatan bagi masyarakat. Akan tetapi, pada saat ini hanya orang-orang tertentu saja yang masih melestarikan tradisi tersebut sehingga keberadaan tumbuhan obat sedikit demi sedikit mulai terabaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis tumbuhan, bagian tumbuhan, jenis penyakit, cara pengolahan, jenis tumbuhan yang banyak digunakan, jenis yang dibudidayakan dan alasan dibudidayakan tumbuhan obat tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif langsung. Hasil penelitian ditemukan bahwa sebanyak 13 jenis tumbuhan yang digunakan oleh masyarakat Desa Baumata untuk mengobati penyakit pada manusia. Bagian tumbuhan yang digunakan adalah daun, batang, biji, rimpang, dan umbi. Jenis penyakit pada manusia yang dapat diobati yaitu: Sakit Kepala,Gigi sakit /Gigi berlubang,kanker,Darah rendah,kanker rahim dan kanker payudara,kencing manis/kencing putih,lambung, kanker,tumor luka pasca operasi,panas tinggi dan cacingan,perut sakit,Darah tinggi,Muntah darah. Kesimpulan dari penelitiaan ini adalah di peroleh 13 jenis tumbuhan.bagiaan tumbuhan yang di manfaatkan adalah daun (Folium),Batang(Lignum),Biji(Semen),Rimpang(Rhizoma),dan Umbi (Bulbus). Cara pengolahan yang paling banyak digunakan adalah yaitu dengan cara di masak langsung di makan /dikunyah. Jenis tumbuhan yang paling banyak di gunakan sereh dan binahong. Jenis tumbuhan obat yang dibudidayakan oleh masyarakat Desa Baumata yaitu kelor,sereh,pepaya,kunyit putih,lengkuas,bayam merah,sirsak,daun sirih,binahong,daun kelor,temulawak,jambu biji,daun salam,damar merah.Alasan tumbuhan obat dibudidayakan yaitu selain sebagai obat untuk mengobati penyakit pada manusia, tumbuhan tersebut juga dapat dikonsumsi oleh masyarakat sehingga dibudidayakan agar mudah ditemukan dan digunakan saat diperlukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Identifikasi Tumbuhan Obat, Penyakit Pada Manusia
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
R Medicine > RV Botanic, Thomsonian, and eclectic medicine
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Pd Maria Erwin Seda
Date Deposited: 14 Sep 2023 00:08
Last Modified: 14 Sep 2023 00:08
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14276

Actions (login required)

View Item View Item