Kredibilitas Tua Teno Sebagai Komunikator Dalam Upacara Penti Masyarakat Manggarai (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Kampung Manus, Kabupaten Manggarai Timur)

JELATU, Marcelina Delvina (2023) Kredibilitas Tua Teno Sebagai Komunikator Dalam Upacara Penti Masyarakat Manggarai (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Kampung Manus, Kabupaten Manggarai Timur). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (865kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (140kB)

Abstract

Komunikasi memainkan peran yang penting dalam kehidupan sosial masyarakat, membangun hubungan yang kuat antara individu, dan mempertahankan budaya dan nilai-nilai dari generasi ke generasi. Komunikasi dalam upacara adat Penti orang Manggarai di Kampung Manus dilakukan melalui simbol-simbol dan bahasa lisan, serta menggunakan komunikasi bukan lisan seperti perlakuan dan ekspresi muka. Tua Teno memiliki peran utama sebagai komunikator dalam upacara Penti. Kredibilitas Tua Teno dipengaruhi oleh etos (karakter), pathos (ikatan emosional), dan logos (logika) yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam menjaga keberlangsungan upacara Penti. Perubahan sosial, ekonomi, dan budaya dapat mempengaruhi peran dan kredibilitas Tua Teno dalam mempertahankan tradisi upacara adat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kredibilitas Tua Teno sebagai komunikator dalam upacara Penti. Dengan memahami kredibilitas Tua Teno, penelitian ini dapat memberikan wawasan tentang dinamika budaya dan tradisi dalam masyarakat Manggarai, serta membantu dalam upaya pelestarian budaya dan peran Tua Teno dalam menjaga keberlanjutan upacara adat tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tua Teno memiliki peran penting sebagai komunikator dalam memimpin Upacara Penti Masyarakat Manggarai di kampung Manus. Kredibilitas mereka dibangun melalui pengetahuan, pengalaman, keterampilan komunikasi, integritas, kepercayaan masyarakat, dan pengakuan sebagai pemimpin adat. Tua Teno menggunakan karakter, emosi, dan logika untuk mempengaruhi masyarakat dan memperkuat pesan yang disampaikan. Kredibilitas Tua Teno sebagai komunikator sangat penting untuk menjaga warisan budaya masyarakat Manggarai khususnya masyarakat Manus, menghubungkan manusia dengan roh nenek moyang, dan memperkuat rasa hormat serta kepercayaan masyarakat terhadap nilai-nilai budaya dan spiritualitas mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Tua Teno, Upacara Penti, Kredibilitas, Masyarakat Manggarai, Kampung Manus.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom Marcelina Delvina Jelatu
Date Deposited: 15 Sep 2023 00:32
Last Modified: 15 Sep 2023 00:32
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14416

Actions (login required)

View Item View Item