Peran Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dalam Pembentukan Perilaku Anak Usia Dini (Studi Kasus Pada Kelurahan Sarotari Tengah Rt 005/Rw 002 Kecamatan Larantuka)

KOBHA, Sesilia Agustriana (2023) Peran Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dalam Pembentukan Perilaku Anak Usia Dini (Studi Kasus Pada Kelurahan Sarotari Tengah Rt 005/Rw 002 Kecamatan Larantuka). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (923kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (35kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (130kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul : “Peran Komunikasi Interpersonal Orang Tua dalam Pembentukan Perilaku Anak Usia Dini (Studi Kasus Pada Kelurahan Sarotari Tengah RT 005/RW 002 Kecamatan Larantuka). Komunikasi interpersonal adalah proses pengiriman dan penerimaan pesan-pesan antara dua orang atau diantara sekelompok kecil orang-orang dengan beberapa efek dan berupa umpan balik seketika. Komunikasi interpersonal dapat terjadi dalam keluarga yang prosesnya melibatkan komunikasi antara orang tua dan anak. Keluarga merupakan kelompok sosial pertama dan utama bagi seorang anak, sebelum ia berkenalan dengan dunia sekitarnya. Keluarga memberikan pelajaran kehidupan yang akan mempengaruhi anak dalam bertindak, berperilaku dan bertutur, oleh karena itu lingkungan keluarga merupakan lingkungan terpenting dan juga lingkungan pertama bagi anak. Untuk mengetahui peran komunikasi interpersonal orang tua dalam pembentukan perilaku anak usia dini, maka rumusan masalah yang digunakan ialah bagaimana peran komunikasi interpersonal orang tua dalam pembentukan perilaku anak usia dini. Selanjutnya kerangka pemikiran yang dibuat yakni perilaku anak usia dini melalui komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak, yang dilihat dari peran komunikasi interpersonal dengan menggunakan teori orientasi hubungan interpersonal fundamental yang menghasilkan beberapa kebutuhana utama untuk membentuk perilaku anak. Landasan konseptual yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian terdahulu, konsep komunikasi, komunikasi interpersonal, konsep anak usia dini, konsep orang tua dan teori orientasi hubungan interpersonal fundamental. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode penelitian studi kasus. Satuan kajiannya adalah wilayah generalisasi yang terdiri dari objek dengan kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti mengambil kesimpulan bahwa pembentukan perilaku anak sepenuhnya merupakan tanggung jawab orang tua yang bagaimana dengan cara mereka untuk bisa membuat anak mereka menjadi tertib dan tidak berperilaku buruk. Dan sebagai orang tua juga bisa membangun kerja sama yang baik antar keduanya dalam mengurus anak. Lebih intens dalam membangun komunikasi antar pribadi dengan anak serta memperhatikan kebutuhan anak yang seharusnya selalu dipenuhi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Komunikasi Interpersonal, Orang Tua
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom Sesilia Agustriana Kobha
Date Deposited: 15 Sep 2023 00:28
Last Modified: 15 Sep 2023 00:28
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14418

Actions (login required)

View Item View Item