Inventarisasi Tumbuhan Berkhasiat Obat Untuk Mengobati Penyakit Pada Manusia Dan Hewan Ternak Oleh Masyarakat Desa Golo Lero Kecamatan Lamba Leda Timur Kabupaten Manggarai Timur

DENSIL, Yonasius Don Bosko (2023) Inventarisasi Tumbuhan Berkhasiat Obat Untuk Mengobati Penyakit Pada Manusia Dan Hewan Ternak Oleh Masyarakat Desa Golo Lero Kecamatan Lamba Leda Timur Kabupaten Manggarai Timur. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (833kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (374kB)

Abstract

Pemanfaatan tumbuhan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit telah dibuktikan secara ilmiah, namun masih banyak yang belum tercatat secara ilmiah dan belum banyak dipublikasikan termasuk di Desa Golo Lero Kecamatan Lamba Leda Timur Kabupaten Manggarai Timur, karena itu perlu dilakukan penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis tumbuhan berkhasiat obat untuk mengobati penyakit pada manusia dan hewan ternak, bagian tumbuhan yang digunakan dan proses pemanfaatannya. Metode yang digunakan adalah metode ekploratif yaitu sebuah penelitian yang menggali sesuatu hal yang belum banyak diketahui oleh publik sehingga ingin dikaji lebih dalam. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menjelajah, mendokumentasi, mengidentifikasi dan mendeskripsi. Berdasarkan hasil inventarisasi diketahui tumbuhan yang digunakan sebagai obat oleh masyarakat Desa Golo Lero Kecamatan Lamba Leda Timur Kabupaten Manggarai Timur untuk menyembuhkan penyakit pada manusia yaitu tomat ceri, temulawak, singkong, gamal, kapuk, weru, pulai, waru, jambu biji, dlingo, sirih, kembang sepatu, kumis kucing, sereh, rumput kerbau, pecut kuda, jahe, sidaguri, pisang, temu ireng, putri malu, jeruk nipis, kayu manis, senggani, tembeleken, kelapa, kopasanda, teklan, pepaya, mangga, pinang, sisik naga, daun pusar, akar wangi, peria, pandan tikar, mara, meniran, alang-alang, sintrong, katuk, awar-awar, patikan kebo, jalantir, ubi jalar, pegagan, bandotan, benalu, kemiri, alpukat dan kunyit. Pada hewan ternak yaitu tomat ceri, bambu betung, gamal, pulai, teklan, pepaya, pinang, peria, sembukan, kemiri dan kunyit. Bagian tumbuhan berkhasiat obat adalah akar, batang, daun, buah, rimpang dan bunga. Penyakit yang dapat disembuhkan pada manusia adalah batuk, influenza, mimisan, komedo, biang keringat, gangguan mata, mata merah, sakit gigi, radang gusi, sariawan, sakit tenggorokan, asma, gangguan pencernaan, ambeyen, lever, kanker payudara, hepatitis, tumor, kanker, tuberculosis, gangguan saraf, jantung, paru-paru, keputihan, impotensi, gangguan ginjal, rematik, tipes, demam berdarah, demam, luka, bengkak, penyakit kulit, anemia, hipertensi dan stroke. Pada hewan ternak yaitu penyakit kulit, menceret, cacingan dan luka. Proses pemanfaatan tumbuhan yang diambil adalah direbus, ditumbuk, dibakar, direndam dan dimakan langsung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat 50 jenis tumbuhan berkhasiat obat untuk menyembuhkan penyakit manusia dan 11 jenis untuk hewan ternak. Organ tumbuhan yang diambil adalah akar, batang, daun, buah, rimpang dan bunga. Proses pemanfaatannya adalah dimasak atau direbus, ditumbuk, dibakar, ditempel dan dikonsumsi secara langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Inventarisasi, tumbuhan berkhasiat obat, penyakit pada manusia dan hewan ternak.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QK Botany
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Pd Yonasius Don Bosko Densil
Date Deposited: 15 Sep 2023 05:57
Last Modified: 15 Sep 2023 05:57
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14432

Actions (login required)

View Item View Item