Profil Pemahaman Siswa Menurut Teori Bruner Pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan Bilangan Bulat

INSANTUAN, Maria J. (2023) Profil Pemahaman Siswa Menurut Teori Bruner Pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan Bilangan Bulat. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (198kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk memperoleh gambaran profil pemahaman siswa menurut teori Bruner pada materi operasi hitung penjumlahan bilangan bulat. Subjek penelitian dipilih dari siswa kelas II A Sekolah Dasar Inpres RSS Oesapa semester genap tahun ajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini sebanyak lima siswa yang memiliki kemampuan matematika yang setara. Data diperoleh dari hasil wawancara berbasis tugas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan matematika yang setara memiliki pemahaman yang berbeda terhadap tahap-tahap perkembangan teori kognitif menurut Bruner, yakni subjek I termasuk dalam indikator tahap enaktif, subjek II termasuk dalam indikator tahap ikonik, subjek III termasuk dalam indikator tahap simbolik, subjek IV termasuk dalam indikator tahap simbolik dan indikator tahap enaktif namun cenderung indikator tahap enaktif, dan subjek V termasuk dalam indikator tahap enaktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman siswa, Teori Bruner
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: S.Pd Maria J. Insantuan
Date Deposited: 18 Sep 2023 23:46
Last Modified: 18 Sep 2023 23:46
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14495

Actions (login required)

View Item View Item