Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas X IPA SMAN 3 Kupang Pada Materi Ekologi Tahun Ajaran 2022/2023

KLAU, Leonardus Alfred (2023) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas X IPA SMAN 3 Kupang Pada Materi Ekologi Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (542kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (117kB)

Abstract

Hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh individu setelah proses belajar berlangsung, yang dapat memberikan perubahan tingkah laku baik pengetahuan, pemahaman, sikap dan keterampilan siswa sehingga menjadi lebih baik dari sebelumnya. Salah satu indikator tercapai atau tidaknya suatu proses pembelajaran adalah dengan melihat hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Berdasarkan hasil pengamatan ditemukan bahwa proses pembelajaran yang berlangsung masih kurang efektif dikarenakan bahwa dalam proses pembelajaran, peserta didik kurang aktif ketimbang guru yang berperan aktif dalam proses pembelajaran dan guru kurang mendominasikan langkah-langkah model discovery Learning sehingga dalam hal ini ditandai dengan hasil belajar peserta didik yang belum sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Solusinya adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa adalah model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas X SMAN 3 Kupang pada materi ekologi tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu atau kuasi eksperimen, desain penelitian dengan desain penelitian Pretes-postest Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik pada pretest dan posttest pada kelas eksperimen pretest sebesar 45,28 sedangkan posttest 81,25, sehingga diperoleh peningkatan nilai sebesar 36,53. Sedangkan hasil belajar pretest dan posttest pada kelas kontrol pretest sebesar 41,94 sedangkan posttest 75,42, sehingga diperoleh peningkatan nilai sebesar 33,48. Hasil uji anacova, diperoleh nilai p = 0,003< α = 0,05. Berdasarkan keriteria yang telah ditetapkan jika signfikan p=0,003< α = 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima,dalam arti bahwa H0 yang menyatakan tidak ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa ditolak sedangkan Ha yang menyatakan ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model discovery Learning terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas X SMAN 3 Kupang pada materi Ekologi tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Hasil Belajar, Materi Ekologi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Pd Leonardus Alfred Klau
Date Deposited: 05 Oct 2023 00:52
Last Modified: 05 Oct 2023 00:52
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14564

Actions (login required)

View Item View Item