Pengaruh Kualitas Produk, Iklan, Dan Hasrat Emosional Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kuliner Kelor Di Dekranasda Provinsi NTT

SONNY, Atika Nuryana (2023) Pengaruh Kualitas Produk, Iklan, Dan Hasrat Emosional Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kuliner Kelor Di Dekranasda Provinsi NTT. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (457kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (836kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (785kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (647kB)

Abstract

Atika Nuryana Sonny (32119009), dengan judul penelitian “Pengaruh Kualitas Produk, Iklan, Dan Hasrat Emosional Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kuliner Kelor Di Dekranasda Provinsi NTT” di bawah bimbingan Bapak Drs.Ec. Gaudensius Djuang, MM selaku pembimbing I dan Bapak Apryanus Fallo, SE, MM selaku pembimbing II. Kuliner Kelor merupakan beragam produk makanan atau minuman yang menggunakan tanaman kelor (Moringa Oliefera) sebagai bahan utama atau bahan tambahan. Perkembangan data penjualan produk Kuliner Kelor di Toko Dekranasda Provinsi NTT pada tahun 2020-2022 mengalami fluktuasi. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui persepsi tentang kualitas produk, iklan, gambaran hasrat emosional dan keputusan pembelian produk Kuliner Kelor di Toko Dekranasda Provinsi NTT. (2) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh kualitas produk, iklan, dan hasrat emosional secara parsial terhadap keputusan pembelian produk Kuliner Kelor di Toko Dekranasda Provinsi NTT. (3) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh kualitas produk, iklan, dan hasrat emosional secara simultan terhadap keputusan pembelian produk Kuliner Kelor di Toko Dekranasda Provinsi NTT. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat di Kota Kupang yang telah atau pernah memutuskan untuk membeli produk Kuliner Kelor di Toko Dekranasda Provinsi NTT, yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Sampel dalam penelitian ini yaitu 95 responden. Pengumpulan data menggunakan Kuesioner melalui Google Form. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial (regresi linear berganda). Hasil analisis deskriptif menggambarkan variabel kualitas produk, iklan, hasrat emosional dan keputusan pembelian, semua variabel ini termasuk dalam kategori baik. Hasil analisis statistik inferensial (Regresi Linear Berganda) menunjukkan bahwa: kualitas produk, iklan, dan hasrat emosional secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Kuliner Kelor di Toko Dekranasda Provinsi NTT. Nilai koefisien determinasi (R2) yang dihasilkan menjelaskan kontribusi pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 57,9%, sedangkan sisanya sebesar 42,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis tersebut, disarankan kepada Toko Dekranasda Provinsi NTT agar lebih meningkatkan lagi daya tahan kualitas produk kuliner kelor dengan cara mengganti kemasan yang menggunakan bahan dari kertas menjadi kemasan dari bahan plastic yang kuat dan tebal agar tidak terkena angin, berkolaborasi dengan Marion Jola yang merupakan artis tanah air asal NTT, melalui ketenarannya dengan mudah membuat produk Kuliner Kelor menjadi terkenal dan mampu mengajak banyak orang untuk mencoba produk tersebut, yaitu dengan cara mempromosikan melalui akun Instagram pribadi milik Marion Jola, serta perolehan sertifikasi seperti label halal, atau sertifikasi keamanan pangan, serta label komposisi yang digunakan perlu di cantumkan pada kemasan produk Kuliner Kelor, agar konsumen yang memiliki alergi dapat mengetahui bahan-bahan yang digunakan dari produk tersebut. Hal ini dapat memberikan keyakinan tambahan pada konsumen bahwa produk Kuliner Kelor telah memenuhi standar keamanan yang ditetapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Iklan, Hasrat Emosional, Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.M Atika Nuryana Sonny
Date Deposited: 11 Oct 2023 23:59
Last Modified: 11 Oct 2023 23:59
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14591

Actions (login required)

View Item View Item