Peran Organizational Citizenship Behavior Dalam Memediasi Pengaruh Kepemimpinan Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Puskesmas Alak Kota Kupang

ABU, Marseliano Alpin (2023) Peran Organizational Citizenship Behavior Dalam Memediasi Pengaruh Kepemimpinan Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Puskesmas Alak Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (645kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (309kB)

Abstract

Marseliano Alpin Abu (NIM 32119098) dengan judul penelitian “Peran Organizational Citizenship Behavior Dalam Memediasi Pengaruh Kepemimpinan Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Puskesmas Alak Kota Kupang”. oleh Fakultas Ekonomika Dan Bisnis, Program Studi Manajemen, Konsentrasi Manajemen SDM di Bawah Bimbingan Ibu Anggraeny Paridy, SE.,M.Si. Selaku Dosen Pembimbing I dan Ibu Maria Augustin Lopes Amaral, SE, MM Selaku Dosen Pembimbing II. Penelitian ini dilakukan berdasarkan pengamatan dan data awal hasil pra penelitian pada Pegawai Puskesmas Alak Kota Kupang, bahwa Kepemimpinan dan Kepuasan Kerja masih kurang. Akibatnya pencapaian OCB dan Kinerja Pegawai belum maksimal pada Pusksmas Alak Kota Kupang. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui gambaran tentang Kinerja, OCB, kepemimpinan dan kepuasan kerja pada Puskesmas Alak Kota Kupang. 2) mengetahui pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja Pegawai pada Puskesmas Alak Kota Kupang. 3) mengetahui kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pegawai Puskesmas Alak Kota Kupang. 4) mengetahui OCB berpengaruh signifikan Terhadap Kinerja Pegawai Puskesmas Alak Kota Kupang. 5) mengetahui kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap OCB pada pegawai Puskesmas Alak Kota Kupang. 6) mengetahui kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap OCB pada pegawai Puskesmas Alak Kota Kupang. 7) mengetahui peran OCB dalam memediasi pengaruh Kepemimpinan dan Kepuasan Kerja terhadap kinerja pegawai Puskesmas Alak Kota Kupang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Puskesmas Alak Kota Kupang. Jumlah sampel sebanyak 96 orang, yang ditentukan dari jumlah indikator yang di gunakan yaitu 20 indikator dengan menggunakan rumus Slovin, sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 responden dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa, OCB, Kinerja Pegawai, Kepemimpinan dan Kepuasan Kerja pada Puskesmas Alak Kota Kupang adalah baik. Hasil analisis statistik inferensial menunjukan bahwa: 1) Kepemimpinan dan Kepuasan Kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap OCB. 2) Kepemimpinan dan Kepuasan Kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Pegawai. 3) Kinerja Pegawai berpengaruh signifikan terhadap OCB. 4) OCB memiliki pengaruh dalam memediasi Kepemimpinan dan Kepuasan Kerja terhadap terhadap Kinerja Pegawai. 5) Kontribsi variabel Kepemimpinan, Kepuasan Kerja dan OCB terhadap Kinerja Pegawai sebesar 69,6% dan sisanya merupakan kontribusi variabel lain. Disarankan kepada Puskesmas Alak Kota Kupang untuk meningkatkan Kepemimpinan, Kepuasan kerja dan OCB yang dicapai semakin baik,sehingga dapat meningkatkan kinerja pegawai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Organizational Citizenship Behaviour, Kepemimpinan, Kepuasan Kerja, Kinerja Pegawai
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.M Marseliano Alpin Abu
Date Deposited: 13 Nov 2023 03:33
Last Modified: 13 Nov 2023 03:33
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14702

Actions (login required)

View Item View Item