Analisis Hasil Belajar Aspek Keterampilan (KI4) Materi Sistem Koloid Yang Menerapkan Pedekatan Keterampilan Proses Sains Pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Swasta Santa Familia Sikumana Kupang Tahun Ajaran 2022/2023

DINA, Helena (2023) Analisis Hasil Belajar Aspek Keterampilan (KI4) Materi Sistem Koloid Yang Menerapkan Pedekatan Keterampilan Proses Sains Pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Swasta Santa Familia Sikumana Kupang Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (635kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (171kB)

Abstract

Tujuan utama dalam penelitian ini adalah mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang menerapkan pendekatan keterampilan proses sains untuk mengajarkan aspek keterampilan (KI4) dan untuk mengetahui hasil belajar aspek keterampilan (KI 4) materi sistem koloid yang menerapkan pendekatan keterampilan proses sains pada peserta didik pada kelas XI IPA SMA Swasta Santa Familia Sikumana Kupang Tahun Ajaran 2022/2023. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif kwantitatif, dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar penilaian kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, lembar penilaian keterampilan psikomotorik, lembar penilaian presentasi, dan lembar penilaian portofolio. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang menerapkan pendekatan keterampilan proses sains untuk mengajarkan aspek keterampilan (KI4) materi sistem koloid pada peserta didik kelas XI IPA SMA Swasta St. Familia memperoleh rata-rata skor dari hasil observasi pengamat 1 dan 2 adalah 3,41 dengan kriteria Cukup baik, karena pengajar dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran cukup sesuai dengan RPP yang disiapkan. Hasil belajar aspek keterampilan (KI4) peserta didik kelas XI IPA SMA Swasta St. Familia materi sistem koloid yang menerapkan pendekatan keterampilan proses sains seluruh peserta didik dinyatakan tuntas dengan rata-rata nilai KI 4 adalah 90.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis hasil belajar pendekatan ketrampilan proses sains
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Pd Helena Dina
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:05
Last Modified: 30 Jan 2024 07:05
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14811

Actions (login required)

View Item View Item