Analisis Kinerja Penerimaan Retribusi Jasa Usaha Pada Pemerintahan Kota Kupang (Studi Kasus BAPENDA Kota Kupang Tahun Anggaran 2018-2021)

DEWI, Trivonia Milburga (2024) Analisis Kinerja Penerimaan Retribusi Jasa Usaha Pada Pemerintahan Kota Kupang (Studi Kasus BAPENDA Kota Kupang Tahun Anggaran 2018-2021). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (832kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (931kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (670kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (542kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (967kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (376kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN KETERANGAN PLAGIAT.pdf

Download (612kB)

Abstract

Trivonia Milburaga Dewi, NIM 33118038, skripsi dengan judul “Analisis Kinerja Penerimaan Retribusi Jasa Usaha dan Potensi Pada Pemerintahan Kota Kupang (Studi Kasus Bapenda Kota Kupang Tahun Anggaran 2018-2021)”. Dibawah bimbingan Ibu Maria O. Veronika Moi,SE.,M.Sc Selaku Pembimbing I dan Ibu Beatrix Y. Manehat, SE.,M. S.A selaku pembimbing II. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Kinerja Penerimaan Retribusi Jasa Usaha Tahun 2018-2021 pada Pemerintahan Kota Kupang? (2) Bagaimana Potensi Penerimaan Retribusi Jasa Usaha Tahun 2018-2021 pada Pemerintahan Kota Kupang? (3) Apa yang menyebabkan belum sepenuhnya objek retribusi jasa usaha diterapkan di Kota Kupang?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana kinerja, potensi dan faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan retribusi jasa usaha pada Pemerintah Kota Kupang tahun 2018-2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan wawancara, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahwa Kinerja Penerimaan Retribusi Jasa Usaha dan Potensi Pada Pemerintahan Kota Kupang (Studi Kasus Bapenda Kota Kupang Tahun Anggaran 2018-2021) dilihat dari efektivitas penerimaan retribusi mengalami penurunan yang dari awalnya cukup efektif 87% (Cukup Efektiv) menjadi 33% (Tidak Efektiv), Efesiensi tiap tahun berada dalam kategori sangat efisien dengan presentase rata-rata 5%, Kontribusi terhadap PAD dikategorikan sangat kurang karena rata-rata tiap tahunnya tidak mencapai 1%, Laju pertumbuhan penerimaan tergolong tidak berhasil degan presentase tiap tahunnya menurun dan tidak mencapai 1%. Perhitungan potensi retribusi jasa usaha kota kupang dalam tiap tahunnya menunjukkan bahwa potensinya yang sanagat besar, namun realisasi pendapatan retribusi pelayanan pasar di empat tahun terakhir masih belum melampaui total potensi yang ada. Rendahnya kesadaran masyarakat untuk mendaftarkan objek pajak dan dampak dari PSBB pada masa Covid 19 menjadi faktor signifikan terkait rendahnya penerimaan retribusi jasa usaha. Saran dalam penelitian ini adalah, pemerintah dearah diharapkan mampu meningkatkan penerimaan terhadap retribusi jasa usaha daerah dengan mengoptimalisasikan potensi riil daerah yang ada

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Penerimaan, Retribusi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Trivonia Milburga Dewi
Date Deposited: 20 Feb 2024 06:51
Last Modified: 20 Feb 2024 06:51
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14913

Actions (login required)

View Item View Item