Strategi Komunikasi Pemerintah Kota Kupang Dalam Mensosialisasikan Program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (Studi Kasus Pada Kantor Walikota Kupang)

LIMA, Monika Wenirensiana Maria (2024) Strategi Komunikasi Pemerintah Kota Kupang Dalam Mensosialisasikan Program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (Studi Kasus Pada Kantor Walikota Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (592kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA dan SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (960kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Komunikasi Pemerintah Kota Kupang Dalam Mensosialisasikan Program Layanan Aspirasi Dan Pengaduan Online Rakyat” (Studi Kasus Pada Kantor Walikota Kupang) menarik untuk diteliti karena untuk melihat kualitas dalam pelayanan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus kualitatif, jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil wawancara, penggunaan strategi komunikasi dalam Program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat di Kota Kupang berjalan selaras dengan diluncurkannya program ini yaitu dengan menggunakan penelitian, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan. Pemerintah Kota Kupang juga terus melakukan sosialisasi mengenai Program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat ini melalui instansi-instansi pemerintah yang secara struktur berada di bawah pemerintah Kota Kupang seperti dinas-dinas, kecamatan, hingga kelurahan, dan juga bekerjasama dengan Ombudsman perwakilan NTT untuk melakukan sosialisasi atau menyebarluaskan mengenai Program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat ini kepada masyarakat. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, peneliti dapat menyimpulkan bahwa Program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat Kota Kupang cukup efektif sebab seluruh pengaduan yang masuk berhasil ditindaklanjuti dan diselesaikan dengan baik namun dari segi jangkauan belum efektif sebab jumlah pengaduan masih sangat sedikit sebab masih minimnya sosialisasi mengenai Program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat dan rendahnya partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat. Saran yang dapat peneliti berikan terkait sosialisasi Program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat yaitu agar Pemerintah Kota Kupang perlu meningkatkan sosialisasi bukan hanya melalui media sosial, pemasangan poster, tetapi juga melakukan sosialisasi secara langsung atau tatap muka sampai ke tingkat masyarakat tentang Program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat sehingga kualitas pelayanan publik dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Sosialisasi, Program LAPOR!
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom Monika Wenirensiana Maria Lima
Date Deposited: 22 Feb 2024 06:05
Last Modified: 22 Feb 2024 06:05
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14936

Actions (login required)

View Item View Item