Dampak Perubahan Tata Guna Lahan Terhadap Load Factor (Studi Kasus Pada Bemo Trayek 06 Kota Kupang

GONSALVES, Sergio Maria (2024) Dampak Perubahan Tata Guna Lahan Terhadap Load Factor (Studi Kasus Pada Bemo Trayek 06 Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (517kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (674kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (439kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN PLAGIAT.pdf

Download (753kB)

Abstract

Dalam memenuhi kebutuhan akan pergerakan khususnya di kota kupang saat ini telah tersedia jenis angkutan umum penumpang salah satunya adalah mikrolet (bemo). Sebagian masyarakat masih sangat bergantung terhadap angkutan umum karena golongan perekonomian yang berbeda pada setiap masyarakatnya. Salah satu permasalahan yang berhubungan dengan angkutan umum yaitu jumlah angkutan yang tersedia dan jumlah penumpang yang dilayani. Saat menawarkan angkutan umum, faktor kapasitas maksimum atau jumlah kendaraan angkutan/barang harus diperhitungkan untuk memastikan harga yang dibayar oleh penumpang dan tingkat layanan angkutan umum atau operator. Dari hasil pengamatan menggunakan metode dianmis selama dua hari didapatkan nilai load factor dan skala tata guna lahan sebagai berikut seperti pada segmen 1 memiliki kerapatan penduduk yang tinggi atau padat dengan skala kegitan yang mendominasi adalah berskala besar yaitu 52,4% dan nilai load factor yang mencapai 62% hari pertama dan 43% hari ke dua, pada segmen 2 memiliki jumlah kerapatan penduduk yang sedang dengan skala kegitan yang mendominasi berskala besar yaitu 56,5% dan nilai load factornya 54% hari pertama dan 37% hari keduanya, kemudian segmen 3 kerapatan penduduknya sedang dengan skala kegitan yang mendominasi adalah kegitan berskala kecil 40% dan skala besar yaitu 50% dan nilai load factornya rendah yaitu 6% hari pertama dan 27% hari keduanya. Hal ini disebabkan oleh pola perjalanan pengguna jasa yang berbasis jenis aktivitas atau dengan kata lain tinggi rendahnya load factor di setiap segmen tergantung pada jenis aktivas pengguna jasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: load factor, tata guna lahan, angkutan umum
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: S.T SERGIO MARIA GONSALVES
Date Deposited: 01 Mar 2024 06:06
Last Modified: 01 Mar 2024 06:06
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15243

Actions (login required)

View Item View Item