Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kota Kupang

LOGO, Ary Reynaldi (2024) Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (452kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (575kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (623kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN KETERANGAN PLAGIAT.pdf

Download (557kB)

Abstract

Penelitian ini ditulis oleh Ary Reynaldi Logo (31117087) Program Studi Ekonomi Pembangunan dengan Dosen pembimbing 1 Daniel Taolin, SE, M.Si, dan Dosen Pembimbing II Adrianus Ketmoen, SE., MM dengan judul penelitian “Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM ) Di Kota Kupang”. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sangat berperan dalam mendukung perekonomian suatu daerah. Data yang ada menunjukkan bahwa UMKM memberikan kontribusi yang besar dalam peningkatan ekonomi penduduk, salah satunya mengatasi permasalahan pengangguran dan tenaga kerja. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Kupang, mengetahui gambaran pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Kupang, dan mengetahui dampak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bagi ekononomi rumah tangga di Kota Kupang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan jumlah sampel sebanyak 11 UMKM dengan Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling aksidental yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran pemerintah sangat besar dalam menunjang perkembangan UMKM. Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa Pelaku UMKM terlihat bahwa secara umum masing-masing UMKM berupaya untuk tetap mempertahankan usaha mereka dan mengembangkannya, dengan menggunakan teknologi khususnya media social sebagai salah satu strategi pemasaran yang paling mudah untuk dilakukan. Sebagian besar usaha juga merasakan dampak baik dari pembinaan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Kupang yang pernah diikuti fasilitasi seperti mengikuti pameran promosi ataupun pembinaan yang dilakukan. Hasil Penelitian juga menunjukan keberadaan usaha yang dilakukan merupakan bagian penting dalam penopang ekonomi keluarga, dan jika dikembangkan dengan baik dan mendapatkan perhatian yang dari Pemerintah, dalam hal ini dari Dinas Koperasi maka keberadaan sektor UMKM ini dapat menjadi penopang ekonomi masyarakat secara umum. Kesimpulan dari penelitian adalah Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dan Strategi pengembangan yang sudah di terapkan oleh Pelaku usaha dalam rangka pengembangan UMKM antara lain meningkatkan strategi pemasaran yang lebih baik dengan menggunakan media social dan Dinas Koperasi Kota Kupang dalam rangka pengembangan UMKM secara konkrit wajib melakukan pembinaan koperasi dan UMKM serta memfasilitasi akses modal usaha bagi pelaku UMKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Koperasi, Usaha, UMKM, Strategi, Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Ekonomi Pembangunan
Depositing User: S.E ARY REYNALDI LOGO
Date Deposited: 06 Mar 2024 13:24
Last Modified: 06 Mar 2024 13:24
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15398

Actions (login required)

View Item View Item