Pengaruh Sistem Akuntansi Keuangan Daerah (SAKD) Dan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada SKPD Kabupaten Ende

MBARI, Felisia Alfania (2024) Pengaruh Sistem Akuntansi Keuangan Daerah (SAKD) Dan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada SKPD Kabupaten Ende. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (532kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (471kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (453kB)

Abstract

Felisia Alfania Mbari, Nomor Induk Mahasiswa 33119024, dengan judul skripsi “Pengaruh Sistem Akuntansi Keuangan Daerah dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada SKPD Kabupaten Ende”. Dibawah bimbingan Ibu Dr.M.E. Perseveranda, SE., M. Si sebagai Pembimbing I dan Ibu Maria Odriana V. Moi, SE., M.Sc sebagai Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Sistem Akuntansi Keuangan Daerah dan Kompetensi Sumber Daya Manusia terhadap Kualitas Laporan Keuangan pada 15 SKPD di Kabupaten Ende. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang diperoleh melalui sumber data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran lembar kuisioner. Teknik pengambilan data sampel menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 responden dengan populasi berjumlah 31 SKPD Kabupaten Ende. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) variabel Sistem Akuntansi Keuangan Daerah (SAKD) berpengaruh signifikan terhadap Kualitas Laporan Keuangan pada 15 SKPD di Kabupaten Ende, dan (2) variabel Kompetensi Sumber Daya Manusia berpengaruh signifikan terhadap Kualitas Laporan Keuangan pada 15 SKPD di Kabupaten Ende. Saran, (1) Bagi SKPD di Kabupaten Ende agar lebih meningkatkan kesesuaian sistem akuntansi keuangan daerah dengan sistem akuntansi pemerintah, prosedur pencatatan transaksi, serta pembuatan laporan keuangan sesuai dengan sistem akuntansi keuangan daerah yang berlaku, (2) Peningkatan kompetensi sumber daya manusia bagi SKPD di Kabupaten Ende dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap khususnya bagian pengelola keuangan diharapkan terus mempertahankan dan meningkatkan Kompetensi Sumber Daya-nya yang berkaitan dengan pembuatan laporan keuangan dengan terus mengikuti dan memberikan pelatihan teknis, pemahaman terhadap standar akuntansi keuangan pemerintah maupun daerah guna meningkatkan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah yang baik, dan (3) Bagi peneliti selanjutnya disarankan menambah variabel lain yang berkaitan erat secara teori terhadap variabel kualitas laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Kompetensi Sumber Daya Manusia, Kualitas Laporan Keuangan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Felisia Alfania Mbari
Date Deposited: 06 Mar 2024 08:26
Last Modified: 06 Mar 2024 08:26
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15405

Actions (login required)

View Item View Item