Analisis Gaya Komunikasi Pimpinan Dengan Karyawan Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Karyawan Alfamart Yos Sudarso Kota Kupang)

KADJA, Tade Anggela (2024) Analisis Gaya Komunikasi Pimpinan Dengan Karyawan Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Karyawan Alfamart Yos Sudarso Kota Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (453kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (534kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (506kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (256kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA dan SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (267kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Gaya Komunikasi Pimpinan Dengan Karyawan Dalam Meningtkatkan Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Karyawan Alfamart Yos Sudarso Kota Kupang)”. Dalam sebuah organisasi, gaya komunikasi pimpinan mempengaruhi hubungan antara pimpinan dengan karyawan serta dapat mempengaruhi kinerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya komunikasi yang diterapkan pimpinan di Alfamart Yos Sudarso Kota Kupang dalam upaya meningkatkan kinerja karyawan. Oleh karena itu penelitian ini membahas seputar gaya komunikasi pimpinan dengan karyawan dengan menggunakan dua teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi dan wawancara dengan pimpinan serta karyawan Alfamart Yos Sudarso Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus kualitatif, jenis penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini berjumlah lima orang yang terdiri dari satu orang kepala toko (pimpinan) dan empat orang crew store ( karyawan). Berdasarkan hasil wawancara dan observasi, gaya komunikasi yang di terapkan oleh pimpinan Alfamart cenderung bersifat terbuka, terstruktur dan juga mencangkup gaya komuikasi dua arah dengan memberikan ruang kepada setiap karyawan untuk mampu memebrikan ide-ide kreatif mereka. Berdasarkan hasil analisis, ada empat gaya komunikasi yang diterapkan pimpinan Alfamart yaitu gaya komunikasi The Equalitarian Style yang terlihat dari ciri-ciri komunikasi yang terjadi secara dua arah, terbuka, memiliki empati yang tinggi serta menerima ide-ide dan pendapat. The Structuring Style terlihat dari ciri-ciri komunikasi yang tidak memihak atau adil, dan bekerja mengikuti stuktur organisasi. The Dynamic Style terlihat dari ciri-ciri komunikasi yang mampu menunjukan keaktifan dan energi positif, dan bekerja lebih produktiv. The relinquishing style terlihat dari ciri-ciri bersedia menerima saran, gagasan, pendapat,serta mendukung pandangan setiap karyawannya. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan peneliti dapat menyimpulkan bahwa penggunaan empat gaya komunikasi ini yaitu gaya komunikasi Equalitarian, Structuring, Dynamic, dan Relinquishing sangat berpengaruh dalam meningkatkan kinerja karyawan Alfamart.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Gaya Komunikasi, Pimpinan, Karyawan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom ANGGELA TADE KADJA
Date Deposited: 07 Mar 2024 06:38
Last Modified: 07 Mar 2024 06:38
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15478

Actions (login required)

View Item View Item