Pengukuran Kinerja Keuangan Menggunakan Metode Value For Money Pada Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kota Kupang Tahun 2019-2021

SOE, Anggelica Margaretha (2024) Pengukuran Kinerja Keuangan Menggunakan Metode Value For Money Pada Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kota Kupang Tahun 2019-2021. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (482kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (611kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (240kB)

Abstract

Anggelica Margaretha Soe (33118045) dengan judul “Pengukuran Kinerja Keuangan Menggunakan Metode Value For Money pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Kupang”. Di bawah bimbingan Ibu Rere Paulina Bibiana, SE.M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Maria O. Veronica Moi, SE.,Sc selaku pembimbing II. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kinerja keuangan dalam laporan kinerja instansi pemerintah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Kupang jika diukur dengan metode value for money dan faktor-faktor apa yang menyebabkan tidak tercapainya target dan dana yang tidak dianggarkan dalam laporan kinerja pemerintah daerah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kinerja yang diukur menggunakan metode value for money pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Kupang, dan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang menyebabkan capaian kinerja tidak tercapai dan dana yang tidak dianggarkan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Kupang. Jenis data dalam penelitian ini, menurut sumber data adalah data primer dan data sekunder. Menurut sifatnya adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan data kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode value for money dan diukur dengan rasio ekonomi, efisiensi, dan efektivitas pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Kupang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Kupang menunjukan bahwa 1) pada tingkat ekonomis, tahun 2019 rata-ratanya sebesar 86,44% tahun 2020 rata-ratanya sebesar 96,88, tahun 2021 rata-rata sebesar 91,78% dan ketiganya masuk dalam kategori ekonomis 2) tingkat efisiensi, pada tahun 2019 dengan rata-rata sebesar 115,58%, tahun 2020 sebesar 116,65%, tahun 2021 sebesar 107,74% dan ketiganya masuk dalam kategori efisien. 3) tingkat efektivitas, pada tahun 2019 rata-rata sebesar 98,67%termasuk dalam kategori tidak efektif, pada tahun 2020, rata-rata sebesar 100% termasuk dengan kategori efektif berimbang, pada tahun 2021 sebesar 97,68% termasuk dalam kategori tidak efektif. Saran dari penelitian ini, bagi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Kupang adalah pada tingkat efisiensi pada tahun 2019 dan 2021 yang masuk dalam kategori tidak efektif oleh karena itu perlu dilakukan evaluasi dan penyesuaian strategi untuk memastikan setiap program kerja masuk dalam kategori efektif ke depannya. Dan juga faktor-faktor penyebab tidak tercapainya target dan juga dana yang tidak dianggarkan dikarenakan terbatasnya finansial serta adanya recofusing anggaran untuk penanganan pandemi covid-19, untuk itu diperlukan strategi dalam mencari alternatif dana dari sponsor yang memiliki tujuan yang sama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Value For Money, Ekonomis, Efisiensi, Efektivitas.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Anggelica Margaretha Soe
Date Deposited: 26 Mar 2024 05:59
Last Modified: 26 Mar 2024 05:59
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15757

Actions (login required)

View Item View Item