Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Stres Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Pada Karyawan PT. Dinamika Sejahtera Motor Kupang

DIMA, Millen Nathania Prayer Manu (2023) Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Stres Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Pada Karyawan PT. Dinamika Sejahtera Motor Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (591kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (855kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (649kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (518kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul "Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Stres Kerja, dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja pada Karyawan PT. Dinamika Sejahtera Motor Kupang", ditulis oleh Millen Nathania Prayer Manu Dima, atas bimbingan Ibu Dr. Henny A. Manafe, SE., MM, selaku Pembimbing I & Bapak Jou Sewa Adrianus SE, MM sebagai Pembimbing II. PT. Dinamika Sejahtera Motor Kupang merupakan sebuah dealer resmi sepeda motor bermerek honda. Perusahaan ini melayani penjualan sepeda motor dan service motor setiap harinya. Berdasarkan wawancara awal yang dilakukan, diketahui bahwa beberapa karyawan mengalami penurunan kepuasan kerja, serta meningkatnya stres kerja dan kurang sesuainya lingkungan kerja dan kompensasi dengan ekspektasi yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah (1), Untuk mengetahui gambaran tentang Kepemimpinan, lingkungan kerja, stres kerja, kompensasi kepuasan kerja dari karyawan PT Dinamika Sejahtera Motor Kupang; (2), Untuk mengetahui signifikansi pengaruh secara parsial dan simultan antara Kepemimpinan, lingkungan kerja, stres kerja, dan kompensasi terhadap kepuasan kerja Karyawan PT.Dinamika Sejahtera Motor Kupang. Sampel dalam penelitian ini adalah sampling jenuh atau disebut juga dengan sensus, sehingga yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Dinamika Sejahtera Motor Kupang yang berjumlah 47 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan membagikan secara langsung. Analisis data yaitu metode analisisis deskriptif dan analisis inferensial (regresi linear berganda) menggunakan program SPSS Statistik Version 26. Hasil analisis deskriptif memberikan gambaran variabel Kepemimpinan, lingkungan kerja, kompensasi dan kepuasan kerja dengan nilai persentase masing-masing sebesar 88,3%, 87,6%, 88,8% dan 87,9% dengan kategori sangat baik. Variebel stres kerja dengan kategori persepsi sebesar 78,8% dan berada pada kategori baik. Hasil uji t ditemukan bahwa kepemimpinan, lingkungan kerja dan kompensasi secara parsial memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Sebaliknya variabel Stres Kerja memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Hasil uji F menunjukkan variabel kepemimpinan, lingkungan kerja, stres kerja, dan kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Kontribusi dari seluruh variabel terhadap Kepuasan Kerja adalah sebesar 67,7%, sedangkan sisanya sebesar 32,3% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Disarankan kepada manajemen PT. Dinamika Sejahtera Motor Kupang perlu meningkatkan kualitas kepemimpinan dengan memberikan arahan yang jelas kepada karyawan, menyediakan fasilitas dengan teknologi yang canggih ke dalam proses kerja, menjaga level stres karyawan dengan memberikan tugas yang sesuai dengan kemampuan karyawan, serta meningkatkan kompensasi berupa gaji, upah dan bonus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan kerja, kepemimpinan, stress kerja, lingkungan kerja, dan kompensasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.M Millen Nathania prayer Manu Dima
Date Deposited: 24 Apr 2024 23:29
Last Modified: 24 Apr 2024 23:29
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15957

Actions (login required)

View Item View Item