Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas XI Ipa Materi Sistem Sirkulasi Pada Manusia Di Sma Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2023/2024

WOLONTERY, Ashana Miryam (2024) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas XI Ipa Materi Sistem Sirkulasi Pada Manusia Di Sma Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)

Abstract

Hasil belajar termasuk komponen penting dalam pelajaran biologi. Berbicara tentang hasil belajar berarti mengacu pada sukses dan tidaknya suatu pembelajaran. Faktor-faktor yang dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar yakni kurang perhatiannya peserta didik pada saat pelajaran berlangsung, seperti sibuk sendiri, bermain handphone, dan tidak memperhatikan pembelajaran dalam kelas, sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik. Untuk memaksimalkan hal tersebut, pemilihan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep dan materi yang diajarkan sangat mempengaruhi proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang digunakan yakni model Problem Based Learning (PBL) adalah model pembelajaran yang bersifat student centered untuk memecahkan suatu masalah yang bisa diajukan oleh guru maupun peserta didik. Model ini dapat membuat peserta didik menjadi lebih aktif untuk mengembangkan pengetahuan dirinya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI IPA materi sistem sirkulasi pada manusia di SMA Negeri 2 Kupang Tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan Quasi Experiment. Desain penelitian yang digunakan Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA, dengan sampel kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen menggunakan model problem based learning dan kelas XI IPA 7 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran langsung. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model problem based learning mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat pada nilai rata-rata pretest yakni 45,42 dan posttest nya meningkat menjadi 84,02. Berdasarkan uji anacova menunjukkan signifikan 0,001 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan ada pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI IPA materi sistem sirkulasi pada manusia di SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar Kognitif, Sistem Sirkulasi Pada Manusia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Pd ASHANA MIRYAM WOLONTERY
Date Deposited: 19 Jun 2024 01:04
Last Modified: 19 Jun 2024 01:04
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/16350

Actions (login required)

View Item View Item