Partisipasi Masyarakat Dalam Penerapan Program Elektronik Money (Brizzi) Sebagai Alat Pembayaran Transportasi Laut Di Pelabuhan Bolok Kupang

LEWUK, Yoseph Adventino Ronaldo (2004) Partisipasi Masyarakat Dalam Penerapan Program Elektronik Money (Brizzi) Sebagai Alat Pembayaran Transportasi Laut Di Pelabuhan Bolok Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang..

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)

Abstract

Partisipasi masyarakat sangat penting dalam keberhasilan Program Brizzi karena dengan dukungan dari masyarakat, program ini dapat memberikan dampak yang lebih besar dan bermanfaat bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Program ini juga membantu dalam mengurangi penggunaan uang tunai, yang dapat meningkatkan keamanan transaksi. Adapun yang menjadi rumusan masalah: (1) Bagaimana partisipasi masyarakat dalam penerapan program elektronik money (Brizzi) di Pelabuhan Bolok Kupang. (2 Apakah faktor yang menghambat partisipasi masyarakat dalam penerapan program elektronik money (Brizzi) di Pelabuhan Bolok Kupang Tujuan dari penelitian ini: (1) Untuk Mengetahui partisipasi masyarakat dalam penerapan program elektronik money (Brizzi) di Pelabuhan Bolok Kupang. (2) Untuk Mengetahui faktor yang menghambat partisipasi masyarakat dalam penerapan program elektronik money (Brizzi) di Pelabuhan Bolok Kupang. Manfaat dari penelitian ini: (1) memberikan manfaat bagi Pemerintah agar lebih mengambil kebijakan yang terkait dengan penerapan program elektronik money (Brizzi) di masa yang akan datang. (2) memberikan manfaat bagi Masyarakat agar dapat lebih memahami dan mengetahui prosedur penerapan program elektronik money (Brizzi). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kasus sedangkan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi langsung, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan adalah purposive sampling dengan informan berjumlah 7 orang. Analisis data mulai dari reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Partisipasi yang di maksud dalam penelitian kali ini yaitu partisipasi masyarakat dalam penerapan program elektronik money (Brizzi) di pelabuhan Bolok Kupang. Penggunaan yang Bertahap, Keluhan dan Tantangan, Perbaikan dan Solusi, Respon Positif dan Negatif, Tingkat partisipasi masyarakat (2) faktor yang dapat menghambat partisipasi masyarakat dalam penerapan program e-money Brizzi di Pelabuhan Bolok, Kupang, Kurangnya pengetahuan dan sosialisasi, Keterbatasan Akses Teknologi,Kebiasaan Penggunaan Uang Tunai, Keamanan dan Kepercayaan. Adapun kesimpulan penulis Partisipasi masyarakat dalam program elektronik money (Brizzi) dipelabuhan Bolok Kupang sudah baik tapi belum maksimal dikarenakan belum adanya pehaman betul sehingga banyak sekali yang menggunakan alternatif lain seperti calo.Adapun saran diharapkan Pemerintah, kantor ASDP Bolok Kupang Masyarakat meningkatkan kerja sama dan bertanggung jawab dalam memenuhi kebutuhan masing-masing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Brizzi, E-Money
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Yoseph Adventino R. Lewuk
Date Deposited: 17 Oct 2024 01:16
Last Modified: 17 Oct 2024 01:16
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/17621

Actions (login required)

View Item View Item