Impression Management Mahasiswa Melalui Media Sosial Facebook (Studi Dramaturgi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Widya Mandira Kupang Angkatan 2019)

SOI, Novita Elisabeth (2024) Impression Management Mahasiswa Melalui Media Sosial Facebook (Studi Dramaturgi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Widya Mandira Kupang Angkatan 2019). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Madira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (447kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img] Text
BAB lV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (252kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (516kB)

Abstract

Penelitian ini yang diajukan dengan judul “Impression Management Mahasiswa Melalui Media Sosial Facebook (Studi Dramaturgi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Widya Mandira Kupang Angkatan 2019).)”Dibimbing Oleh Mikhael Rajamuda Bataona, S.Sos, M.I.Kom. Dan Innosensia E.I. Ndiki Satu, S.sos, M.I.Kom Penelitian ini di latar belakangi oleh ketertarikan peneliti karena belum banyak yang melakukan penelitian terhadap Impression Management dalam media sosial facebook. dalam perkembangan teknologi yang kian pesat dimana media sosial facebook tidak hanya di gunakan sebagai media komunikasi, informasi, dan hiburan. Namun, media sosial facebook juga di gunakan sebagai sarana untuk mempresentasikan diri. Khususnya dalam penelitian ini adalah Impression Management yang di lakukan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Widya Mandira Kupang angkatan 2019 dalam mengupload foto di facebook. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui panggung depan, belakang dan untuk mengetahui impression management pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Widya Mandira angkatan 2019 dalam media sosial facebook. Teori yang digunakan adalah teori Dramaturgi Erfing Goffman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan Metode dramaturgi dan Objek Penelitiannnya adalah Mahasiswa UNWIRA saat mengupload foto di media sosial facebook. Teknik Pengumpulan data wawancara mendalam, observasi dan observasi virtual. Informan dalam Penelitian ini berjumlah 5 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dengan teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan kesan yang dilakukan oleh mahasiswa adalah untuk mempresentasi diri dalam media sosial facebook dengan memanipulasi simbol-simbol saat ingin mengupload foto seperti cara berpakaian, riasan wajah,serta bahasa verbal yang romantis, bijak dan rohani yang digunakan dalam memposting foto di facebook sebagai panggung depan. Sementara di panggung belakang mahasiswa tidak lagi melakukan settingan dan manipulasi terhadap pakaian, bahasa yang digunakan. Hasil ini di dukung dengan teori dramaturgi Erving Goffman yang peneliti gunakan bahwa hidup manusia adalah panggung sandiwara lengkap dengan setinggan. Dari hasil penelitian ini di harapkan kepada penelitian berikutnya agar dapat melengkapi kekurangan dalam penelitian ini, sehingga bisa lebih detail lagi dalam pembahasannya dengan melakukan penelitian di story facebook sehingga dapat memperkaya hasil penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Impression Management, Media Sosial Facebook, Dramaturgi, Mahasiswa
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Novita Elisabeth Soi
Date Deposited: 21 Oct 2024 03:42
Last Modified: 21 Oct 2024 03:42
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/17687

Actions (login required)

View Item View Item