Dampak Perbedaan Tipe Jalan Terhadap Nilai Ekuivalen Mobil Penumpang (EMP) (Studi Kasus Pada Ruas Jalan R.A Kartini dan Ruas Jalan Samratulangi, Kota Kupang)

BOBOY, Triwana Putri (2024) Dampak Perbedaan Tipe Jalan Terhadap Nilai Ekuivalen Mobil Penumpang (EMP) (Studi Kasus Pada Ruas Jalan R.A Kartini dan Ruas Jalan Samratulangi, Kota Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (621kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (508kB)

Abstract

Kinerja bagian jalan selalu dinilai berdasarkan rasio volume lalu lintas terhadap kapasitas jalan sehingga nilai volume lalu lintas menjadi sangat penting. Karena karakteristik kendaraan dan jalan beragam maka ekuivalen mobil penumpang (EMP) digunakan sebagai nilai penyetara volume lalu lintas. Besarnya nilai EMP memiliki fungsi yang penting dalam hal Analisa kinerja jalan, menentukan kelas jalan pada perencanaan geometric jalan dan studi kelayakan jalan yang dapat dihitung menggunakan metode kecepatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh perbedaan tipe jalan terhadap nilai EMP sepeda motor pada tipe jalan 4/2 T dan tipe jalan 2/2. Nilai EMP di atur pada MKJI 1997,selanjutnya dimutakdirkan oleh PKJI 2023. Pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2023 menentukan nilai EMP sepeda motor bersifat seragam yaitu 0,4 pada lebar lajur >6 m pada tipe jalan 2/2-TT dan 4/2-T. Namun terdapat perbedaan kecepatan antara Mobil Penumpang dan Sepeda Motor akibat perbedaan lebar jalan. Itulah mengapa dalam penelitian ini evaluasi nilai EMP dilakukan dengan Metode Kecepatan. Terbukti bahwa perbedaan klasifikasi fungsi jalan berdampak pada perbedaan kecepatan sehingga EMP sepeda motor yang didapat berkisar antara 0,39-0,40 (min 0,35; max 0,41). Implikasinya adalah penggunaan niai EMP sepeda motor sebesar 0,40 pada ruas jalan Samratulangi dan 0,39 pada ruas jalan R.A Kartini, Kota Kupang. Perbedaan tipe jalan mempunyai dampak terhadap nilai Ekuivalen Mobil Penumpang (EMP) yang dipengaruhi oleh kondisi geometric jalan pada kedua ruas jalan yang diteliti sehingga menyebabkan kecepatan kendaraan yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ekivalensi Mobil Penumpang, Kecepatan, Geometrik jalan, Perbedaan tipe jalan, Sepeda Motor, Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2023.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Triwana Putri Boboy
Date Deposited: 07 Nov 2024 02:49
Last Modified: 07 Nov 2024 02:49
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/17859

Actions (login required)

View Item View Item