JEBARU, Teodosius Alfryputra (2025) Pengaruh Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI C dan D SMAK Sint Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (487kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (226kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (153kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (242kB) |
Abstract
Judul skripsi: Pengaruh Motivasi Berprestasi Tehadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI C dan D SMAK Sint Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2024/2025. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa kelas XI C dan D SMAK Sint Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2024/2025?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa kelas XI C dan D SMAK Sint Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian adalah variabel bebas (X) motivasi berprestasi dan variabel terikat (Y) prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 59 siswa kelas XI SMAK Sint Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2024/2025. Sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 24 siswa kelas XI C dan D SMAK Sint Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2024/2025. Alat pengumpul data yang digunakan berupa angket. Analisis data mengunakan teknik analisis regresi linier sederhana dan diolah menggunakan aplikasi SPSS for windows versi 26. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa nilai t_(hitung )lebih besar dari nilai t_tabel (3,476 > 1,717) dan nilai signifikansi 0,002 < 0,05. Hasil penelitian di atas membuktikan Ho ditolak dan Ha diterima, dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa Kelas XI C dan D SMAK Sint Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2024/2025. Berdasarkan simpulan di atas, peneliti memberi saran kepada: a) Kepala sekolah sebagai pemimpin di sekolah diharapkan dapat berkolaborasi dengan guru bimbingan dan konseling untuk merancang serta mengimplementasikan program-program bimbingan dan konseling yang dapat membantu siswa meningkatkan motivasi berprestasi dan prestasi belajar siswa b) Guru bimbingan dan konseling diharapkan dapat melakukan upaya preventif melalui peningkatan, pengembangan, dan optimalisasi layanan bimbingan dan konseling, guna membantu meningkatkan motivasi berprestasi siswa, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa c) Siswa diharapkan untuk terlibat aktif dalam layanan bimbingan preventif yang dilakukan guru Bimbingan dan Konseling untuk meningkatkan motivasi berprestasi sehingga prestasi belajar dapat meningkat.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Teodosius Alfryputra Jebaru |
| Date Deposited: | 23 Sep 2025 01:13 |
| Last Modified: | 23 Sep 2025 01:13 |
| URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/21349 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
