Pembelajaran Matematika Siswa SMP Dengan Menggunakan Model Quantum Teaching

FINIT, Rivin Widin (2019) Pembelajaran Matematika Siswa SMP Dengan Menggunakan Model Quantum Teaching. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (256kB)

Abstract

Terkait dengan pembelajaran matematika siswa kurang memperhatikan penjelasan yang diberikan oleh guru, siswa kurang bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran, hal ini mengindikasikan rendanya minat siswa dalam pelajaran matematika. Salah satu faktor untuk meningkatkan pembelajaran didalam kelas adalah dengan menerapkan suatu model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik siswa. Berdasarkan latar belakang diatas, peneliti menerapkan model Quantum Teaching, maka dapat dirumuskan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemamapuan guru dalam mengelola pembelajaran, bagaimana aktivitas siswa terhadap kegiatan pembelajaran dan bagaimana respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru dalam mengelola kelas, pengamatan aktivitas siswa angket respon siswa, wawancara guru dan siswa. Jenis penilitian ini adalah kuntitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 10 Kota Kupang, sampel diambil secara acak menggunakan teknik claster . Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa adanya peningkatan minat siswa dalam belajar matematika. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan guru dalam mengelolah kelas meningkat, pada tahap I rata kelas 2,678 (cukup) dan pada tahap II rata-rata meningkat menjadi 3,625 (Baik Rata – rata aktivitas siswa setiap meningkat, si tahap I klus I ratarata 2,668 termasuk kategori cukup dan pada tahap II meningkat meenjadi 3,358 termasuk kategori baik. Respon siswa terhadap model quantum teaching responnya positif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa mode quantum teaching dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa khususnya pokok bahasan sistem persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel pada siswa kelas VII F SMPN 10 Kota Kupang tahun ajaran 2019/2020. Dari kesimpulan diatas, penulis menyarankan kepada guru - guru khususnya guru matematika perlu memodifikasi pembelajaran agar dapat meningkatkan minat belajar siswa. Dalam hal ini peneliti menyarankan salah satu model pembelajaran yang dapat menarik minat siswa untuk belajara yaitu model Quantum Teaching.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 04 May 2020 00:27
Last Modified: 04 May 2020 00:27
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2189

Actions (login required)

View Item View Item