Analisis Potensi Penerapan Sistem Tarif Parkir Progresif (On Street)(Studi Kasus Parkiran Hyperstore Kota Kupang)

SESO, Petrus Johanes B. Mbapa (2025) Analisis Potensi Penerapan Sistem Tarif Parkir Progresif (On Street)(Studi Kasus Parkiran Hyperstore Kota Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (72kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (966kB)

Abstract

Pertumbuhan kota-kota besar umumnya diikuti oleh peningkatan jumlah penduduk dan kepemilikan kendaraan bermotor, termasuk di Kota Kupang yang saat ini mengalami perkembangan pesat. Kondisi ini menimbulkan berbagai permasalahan, salah satunya adalah kemacetan lalu lintas yang disebabkan oleh sistem pengelolaan parkir yang kurang optimal. Pusat perbelanjaan sebagai salah satu titik aktivitas masyarakat menjadi salah satu lokasi dengan tingkat kebutuhan parkir yang tinggi. Hyperstore TDM Kota Kupang merupakan salah satu fasilitas umum yang menyediakan lahan parkir tanpa dikenakan tarif (gratis). Parkir gratis ini berdampak pada meningkatnya durasi kendaraan yang terparkir sehingga kapasitas lahan parkir menjadi terbatas dan memicu munculnya parkir di badan jalan (on street parking), yang berpotensi menimbulkan kemacetan di sekitar lokasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi penerapan sistem tarif parkir progresif on-street pada pusat perbelanjaan di Kota Kupang, dengan fokus studi kasus di parkiran on street Hyperstore TDM, mengidentifikasi karakteristik parkir pada lokasi penelitian, serta menganalisis dampak parkir badan jalan terhadap kelancaran arus lalu lintas. Metode penelitian meliputi survei volume kendaraan, survei akumulasi parkir, survei durasi parkir untuk mengetahui karakteristik parkir, durasi parkir, volume parkir kendaraan, indeks parkir serta akumulasi parkir kendaraan. Berdasarkan hasil perhitungan karakteristik parkir dapat disimpulkan bahwa area parkir pada Hyperstore TDM memiliki masalah dikarenakan hasil perhitungan akumulasi parkir, durasi parkir, indeks parkir dan kecepatan rata-rata kendaraan pada lokasi penelitian tersebut tidak memenuhi kebutuhan lahan parkir. Hal ini dapat dilihat dari nilai indeks parkir motor selama 6 hari pada tempat parking on street Hyperstore TDM yaitu : hari rabu 105 %, hari kamis 135%, dan hari sabtu 105 % dan untuk indeks parkir mobil selama 6 hari yaitu : rabu 125%, , jumat 125%, sabtu 125%.yang tidak memenuhi kriteria parkir karna nilai indeks lebih dari 100% sehingga menggangu kinerja ruas jalan Hyperstore kota Kupang. Dampak yang ditimbulkan dari parkir kendaraan pada badan jalan adalah mengakibatkan kecepatan kendaraan berkurang dari kecepatan rencana 60 km/jam menjadi 39,85 km/jam untuk motor dan 33,69 km/jam untuk mobil. Sehingga perlu adanya penerapan sistem tarif parkir progresif pada area parkir guna mengatasi kendaraan yang melebihi kapasitas parkir dan Pengaturan parkir lebih ditingkatkan agar kendaraan tidak menutupi atau menghambat kinerja arus lalu lintas kendaraan dan kecapatan kendaraan yang melewati area tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Parkir, On street parking, Tarif progresif.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Petrus Johanes B. Mbapa Seso
Date Deposited: 24 Oct 2025 05:07
Last Modified: 24 Oct 2025 05:07
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/22955

Actions (login required)

View Item View Item