DENDO, PASTEILINA SUSANTI (2025) Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Minat Beajar Siswa SMPK Adisucipto Penfui Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDIRA KUPANG.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (519kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (198kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (443kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (141kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (253kB) |
Abstract
Judul Skripsi : Pengaruh Penggunaan Smartphone terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMPK Adisucipto Penfui Tahun Pelajaran 2024/2025. Masalah penelitian ini adalah apakah penggunaan smartphone mempengaruhi minat belajar siswa kelas VIII SMPK Adisucipto Penfui Tahun Pelajaran 2024/2025?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan smartphone terhadap minat belajar siswa kelas VIII SMPK Adisucipto Penfui Tahun Pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif dengan variabel penelitiannya adalah variabel bebas (X) penggunaan smartphone dan variabel terikat (Y) minat belajar siswa. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII SMPK Adisucipto Penfui pada Tahun Pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 182 orang, dan sampel penelitian adalah 25% dari total populasi (182) sebesar 45 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa angket. Teknik analisis data penelitian adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai t_hitung sebesar (3,386) dan nilai t_tabel sebesar (2,016692) yang berarti nilai t_hitung> t_tabel dan nilai signifikansi (0,002) lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil di atas maka Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya, ada pengaruh yang signifikan penggunaan smartphone terhadap minat belajar pada siswa kelas VIII SMPK Adisucipto Penfui tahun Pelajaran 2024/2025. Berdasarkan simpulan di atas maka peneliti memberikan saran kepada: a) Kepala sekolah, diharapkan menetapkan kebijakan yang mengatur penggunaan smartphone di area sekolah dan perpustakaan. b) Guru BK, diharapkan memberikan layanan konseling individual atau kelompok secara berkelanjutan untuk membantu siswa agar bijak dalam menggunakan smartphone. c) Guru mata pelajaran, diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa dengan memanfaatkan smartphone dalam proses pembelajaran dengan cara yang cerdas, inovatif, dan relevan. d) Orang tua, diharapkan untuk ikut berpartisipasi memantau anak dirumah dalam penggunaan smartphone. e) Siswa, diharapkan terlibat aktif dalam mengikuti layanan yang diselenggarakan oleh guru BK agar lebih bijak dalam menggunakan smartphone sehingga dapat meningkatkan minat belajar.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Penggunaan smartphone, Minat Belajar |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | PASTELINA SUSANTI DENDO |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 02:10 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 02:10 |
| URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/23001 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
