Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Tenun Ikat Di Kelompok Pengrajin Tenun Ikat Suka Maju Di Desa Batnes Kabupaten Timor Tengah Utara

KEFI, Filipus Gabriel (2019) Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Tenun Ikat Di Kelompok Pengrajin Tenun Ikat Suka Maju Di Desa Batnes Kabupaten Timor Tengah Utara. Diploma thesis, Universitas katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (772kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (66kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (18kB)

Abstract

Penjualan Kelompok Tenun Ikat Desa Batnes mengalami penurunan pada tahun 2016 dan 2017, faktor yang diduga menjadi penyebab penurunan penjualan ini adalah warna motif yang kurang menarik, harga kain tenun yang terlalu tinggi dan word of mouth yang kurang efektif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana persepsi responden tentang kualitas produk, harga, word of mouth dan gambaran keputusan pembelian kain tenun Desa Batnes? 2). Apakah kualitas produk, harga, dan word of mouth secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kain tenun Desa Batnes? 3). Apakah kualitas produk, harga, dan word of mouth secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kain tenun Desa Batnes? Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat Desa Batnes, Desa Oelneke, Desa Oeolo, masyarakat kota Kefamenanu dan beberapa konsumen dari luar kota yang melakukan pembelian di kelompok Pengrajin Tenun Ikat Suka Maju yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti dan sampel dalam penelitian ini adalah 112 responden dengan menggunakan teknik Accidental Sampling . Teknik pengumpulan data dengan menggunakan: kuesioner, wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan deskriptif disimpulkan bahwa: variabel kualitas produk, harga dan word of mouth termasuk dalam kategori sangat baik dengan skor masing-masing 84.9, 84.3, 84,5 dan variabel keputusan pembelian termasuk dalam kategori baik yaitu 82,3. Hasil analisis regresi linear berganda adalah Y = 0,523X1 + 0,673X2 + 0,596X3. Hasil pengujian secara parsial, menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk, Harga dan Word of Mouth secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Hasil uji simultan (uji F) dapat diketahui bahwa variabel Kualitas Produk, Harga dan Word of Mouth secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Variabel Keputusan Pembelian. Hasil uji determinasi ( �2 ) diketahui bahwa kontribusi dari variabel Kualitas Produk (�1),variabel Harga (�2), Word of Mouth (X3) terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 0.94 atau 94,0%. Disarankan kepada Kelompok Tenun Ikat Suka Maju Desa Batnes perlu meningkatkan lagi kecerahan dan variasi warna tenun ikat sehingga menjadi lebih menarik. Kelompok Tenun Ikat Suka Maju Desa Batnes perlu meninjau kembali harga tenun ikat sehingga dapat dijangkau oleh semua konsumen. Kelompok Tenun Ikat Suka Maju Desa Batnes perlu melakukan pertemuan dengan langganan agar bisa membantu mempromosikan tenun ikat melalui word of mouth.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Harga dan Word of Mouth, Keputusan Pembelian
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 28 Jul 2020 04:52
Last Modified: 28 Jul 2020 04:52
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2836

Actions (login required)

View Item View Item