Efektivitas Penerapan Teknik Restrukturisasi Kognitif Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kontrol Diri Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas VIIIF di SMP Negeri 1 Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020)

WOI, Yohanesa Deo (2019) Efektivitas Penerapan Teknik Restrukturisasi Kognitif Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kontrol Diri Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas VIIIF di SMP Negeri 1 Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020). Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (692kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (616kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (349kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan teknik restrukturisasi kognitifdalambimbingan kelompok efektifmeningkatkan kontrol dirisiswa kelas VIIIFdiSMP Negeri 1 Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitianiniadalah untuk mengetahuiefektivitas penerapan teknik restrukturisasi kognitifdalambimbingan kelompokuntukmeningkatkan kontrol dirisiswa kelas VIIIFdi SMP Negeri 1 Kupangtahun pelajaran 2019/2020?Jenis penelitianyang digunakan dalam penelitian ini adalahpenelitiankuantitatif dengan tipe pra-eksperimen one group pretest-postest design. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dibedakan atas dua jenis yaitu instrumen pengumpul data berupa angket kontrol diridan instrumen perlakuan berupa pedoman penerapan teknik restrukturisasi kognitifdalamlayanan bimbingan kelompok.Teknik analisis data menggunakan rumus uji ttest. Hipotesisdalam penelitian ini, yaitujikathitung<ttabelmaka Ho ditolakdan Haditerima, danjikathitung>ttabelmaka Ho diterimadan Ha ditolak. Hasil analisis data diperoleh nilai thitungsebesar 7,180 sedangkan nilaittabelpada taraf signifikansi5%dengan dk=N-2adalah2,776.Dengan demikian nilai thitung>ttabel. Hal ini menunjukanbahwapenerapan teknikrestrukturisasi kognitifdalam bimbingankelompokefektifmeningkatkankontrol diri siswakelas VIIIFdi SMP Negeri 1 Kupangtahunpelajaran 2019/2020.Berdasarkanhasilpenelitianini, penelitimemberikan saran kepada :1. Kepala sekolah,diharapkan untuk meningkatkan kerjasama dengan semua pihak baik guru BK maupun guru mata pelajaran dan wali kelas dalam melancarkan kegiatan-kegiatan layanan bimbingan kelompok dengan teknik restrukturisasi kognitifagar dapat membantu meningkatkan kontrol diri siwa. 2. Kepada guru BK,diharapkan agar secaraberkesinambunganmemberikanbimbingankonselingkepadasiswadenganmenerapkanteknikrestrukturisasi kognitifuntukmeningkatkankontrol diri siswa.3.Kepada siswa,diharapkan dapat memanfaatkan teknik restrukturisasi kognitifdalam layanan bimbingan dan konseling yang diberikan sehingga dapat meningkatkan kontrol dirinya4. Bagi peneliti,diharapkanselalumenggunakanteknikrestrukturisasi kognitif dalammelakukanbimbingankelompok agar dapatmembantusiswauntukmeningkatkankontrol dirinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Ptk Hendra Silvester
Date Deposited: 09 Sep 2020 05:47
Last Modified: 09 Sep 2020 05:47
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3026

Actions (login required)

View Item View Item