Pembelajaran Teknik Dasar Permainan Cajon Dalam Pola Iringan 8 Beat Ballad Dengan Model Lagu Ibu Pertiwi Pada Siswa-Siwsi Kelompok Minat Dan Bakat Perkusi SMPK St.Yoseph Naikoten Kupang Dengan Menggunakan Metode Meniru Dan Metode Drill

UNSPECIFIED (2017) Pembelajaran Teknik Dasar Permainan Cajon Dalam Pola Iringan 8 Beat Ballad Dengan Model Lagu Ibu Pertiwi Pada Siswa-Siwsi Kelompok Minat Dan Bakat Perkusi SMPK St.Yoseph Naikoten Kupang Dengan Menggunakan Metode Meniru Dan Metode Drill. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (557kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (104kB)

Abstract

Kegiatan bermusik sangatlah bervariasi, mulai dari kegiatan yang paling sederhana seperti mendengarkan musik, mengekspresikan musik kedalam lagu, sampai pada kegiatan yang paling kompleks yaitu pembelajaran teknik permainan cajon pada siswa/siswi SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya memperkenalkan teknik dasar permainan cajon dalam pola iringan ballad dengan model lagu” ibu pertiwi” pada siswa/siswi minat perkusi SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang melalui metode meniru dan drill. Adapun tujuan penelitiannya yakni untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru untuk memperkenalkan teknik dasar permainan cajon pada siswa/siswi minat perkusi. Penelitian ini bersifat kualitatif, metode yang digunakan yakni tindakan lapangan, teknik pengumpulan data melalui studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran teknik dasar permainan cajon dilakukan dimulai dari pengenalan tentang alat musik cajon, teknik permainan cajon dan permainan cajon sebagai iringan lagu model ibu pertiwi. Kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik dalam permainan cajon terletak pada tempo dan posisi tangan yang belum sempurna. Hal ini diatasi dengan cara memberikan contoh dan diikuti oleh peserta didik kemudian dilakukan latihan berulang-ulang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran cajon memberikan pengetahuan baru tentang penggunaan alat musik cajon dalam permainan perkusi dan peserta didik terbantu untuk mengembangkan kemampuan yang mereka miliki agar dapat menjadi bekal pengetahuan di hari esok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teknik permainan, cajon, Pola iringan, ballad, lagu model, Ekstrakurikuler, Metode meniru dan drill.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 11 Sep 2021 02:31
Last Modified: 11 Sep 2021 02:31
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3943

Actions (login required)

View Item View Item