Meo, Maria Fransiska Beo (2018) Upaya Meningkatkan Permainan Ansambel Sejenis Dengan Alat Musik Pianika Melelui Metode Drill Bagi Siswa-Siswi Minat Musik SMPK Adisucipto Penfui Kupang 2018”. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
FOLDER ABSTRAK 1_Compressed(1)-min.pdf Download (121kB) |
|
Text
FILE BAB 1_Compressed.pdf Download (159kB) |
|
Text
FILE BAB II_Compressed-min.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
|
Text
FILE BAB III_Compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
|
Text
FILE BAB IV_Compressed-min.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) |
|
Text
FILE BAB V_Compressed.pdf Download (159kB) |
Abstract
Kegiatan musik sangatlah bervariasi, mulai dari kegiatan yang paling sederhana seperti mendengarkan musik, mengekspresikan musik ke dalam lagu, membentuk kelompok ansambel musik sampai pada kegiatan yang paling kompleks yaitu pembelajaran ansambel musik. Pembelajaran ansambel musik sejenis pada siswa minat musik SMPK Adisucipto Kupang sebagai kegiatan ekstrakurikuler dengan metode drill ini adalah salah satu pembelajaran musik sekolah di mana siswa ditempa kemampuannya dalam bermusik sekaligus untuk meningkatkan bakat seni yang dimilikinya. Realitas yang terjadi di SMPK Adisucipto Kupang dalam proses memainkan ansambel selama ini kurang memperhatikan tempo. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan permainan ansambel sejenis (pianika) bagi siswa minat musik SMPK Adisucipto melalui kegiatan ekstrakurikuler dengan metode drill secara tepat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskrpsikan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas Permainan Ansambel Sejenis (Pianika) bagi siswa minat musik SMPK Adisucipto melalui kegiatan ekstrakurikuler dengan metode drill. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tindakan lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi dan metode yang digunakan adalah tindakan lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam permainan ansambel sejenis (pianika) bagi siswa minat musik SMPK Adisucipto melalui kegiatan ekstrakurikuler dengan metode drill ini, dari proses awal latihan sampai pementasan hasil latihan dalam bentuk ansambel, berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa berhasil dan memberikan hasil belajar yang cukup efektif. Sehingga metode drill merupakan metode yang tepat dalam meningkatkan permainan ansambel sejenis (pianika) bagi siswa minat musik SMPK Adisucipto melalui kegiatan ekstrakurikuler dengan metode drill.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ansambel sejenis, siswa minat musik, pianika,dan Metode drill |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > ML Literature of music |
Depositing User: | SH Yakobus Naben |
Date Deposited: | 11 Sep 2021 02:35 |
Last Modified: | 11 Sep 2021 02:35 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3944 |
Actions (login required)
View Item |