Meningkatkan Keterampilan Teknik Aba-Aba Dasar Mendireksi Dengan Pola Birama 4/4 Melalui Metode Simulasi Dan Drill Pada Siswa Siswi Kelas VIII Minat Direksi SMPN 5 Kota Kupang 2018

Manu, Mathilda Angelina (2018) Meningkatkan Keterampilan Teknik Aba-Aba Dasar Mendireksi Dengan Pola Birama 4/4 Melalui Metode Simulasi Dan Drill Pada Siswa Siswi Kelas VIII Minat Direksi SMPN 5 Kota Kupang 2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK yang in.pdf

Download (545kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (905kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)

Abstract

Kemampuan teknik membirama sangatlah penting dan perlu untuk dipelajari serta harus dimiliki oleh setiap orang yang mempin sebuah paduan suara. Pada SMPN 5 Kota Kupang memiliki siswa siswi yang minat Direksi namun mereka belum pernah mendapat bimbingan tentang menjadi seorang Dirigen dan belum tau cara mendireksi yang baik dan tepat. Maka dari itu penulis melakukan penelitian dengan judul “Meningkatkan Keterampilan Teknik Aba-Aba Dasar Mendireksi Dengan Pola Birama 4/4 Melalui Metode Simulasi dan Drill Pada Siswa Siswi Kelas VIII Minat Direksi SMPN 5 Kota Kupang 2018”. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana cara meningkatkan keterampilan teknik aba-aba dasar mendireksi dengan pola birama 4/4 dengan model lagu Mengheningkan Cipta melalui Metode Simulasi dan Drill pada siswa siswi kelas VIII Minat Direksi SMPN 5 Kota Kupang 2018. Penelitian ini bertujuan agar dapat menjelaskan dan mengetahui proses pelatihan teknik aba-aba dasar mendireksi dengan pola birama 4/4 lagu Mengheningkan Cipta melalui metode simulasi dan drill pada siswa siswi kelas VIII Minat Direksi. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode tindakan lapangan. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik studi pusaka berkaitan dengan sumber-sumber tertulis mengenai teknik aba-aba dasar dalam mendireksi. Studi lapangan berkaitan erat dengan data yang diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa metode Simulasi dan Drill sangat efektif dalam pelatihan teknik aba-aba dasar mendireksi dengan lagu model Mengheningkan Cipta pada SMPN 5 Kota Kupang melalui metode simulasi dan drill pada siswa siswi minat direksi kelas VIII, ditempuh dengan langkah- langkah sebagai berikut dimulai dengan merekrut siswa siswi minat direksi kelas VIII yang mereka sering dipercayakan untuk mendireksi namun dalam prakteknya mereka sering melakukan banyak kesalahan, lalu peneliti memberikan pengertian tentang dirigen dan memberikan pemahaman tentang teknik aba-aba, melatih teknik aba-aba dasar membirama 4/4 mulai dari sikap berdiri, gerakan awal (insetting) saat memulai lagu sampai melakukan gerakan mengakhiri lagu atau menutup lagu, menerapkan teknik membirama 4/4 sebagai aplikasi pelatihan teknik yang dipraktekkan sebelumnya pada lagu Mengheningkan Cipta dan menangani berbagai kesulitan yang dialami oleh siswa siswi dengan cara dibimbing secara individual yang dilakukan secara berulang-ulang sampai mereka benar-benar menguasai teknik membirama 4/4 pada lagu Mengheningkan Cipta secara baik dan tepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: mendireksi, Siswa-siswi, birama 4/4, lagu, metode simulasi dan drill.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 11 Sep 2021 02:40
Last Modified: 11 Sep 2021 02:40
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3945

Actions (login required)

View Item View Item