Pengaruhkebiasaan Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP

ISHAKA, EKATRI JUMINARTI (2018) Pengaruhkebiasaan Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (563kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (30kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pokok bahasan Aritmatika sosial pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2017/2018, mendeskripsikan perhatian orang tua dalam prestasi belajar matematika pokok bahasan Aritmatika sosial pada siswa kelasVII SMP Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2017/2018, dan mengetahui apakah ada pengaruh kebiasaan belajar dan pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika pokok bahasan Aritmatika sosial pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik analisis yang digunakan adalah analisisdata deskriptif dan inferensial yang menggunakan program SPSS 22.0 forwindows. Populasi dalam penelitian ini adalahseluruhsiswakelas VII SMP Muhammadiyah Kupang dengan sampel penelitian terdiri dari 76 siswa yang diambil secara acak menggunakan teknik simple random sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes prestasi belajar matematika. Berdasarkan analisis deskriptif diperoleh tingkat kategori kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika tergolong baik dan tingkat kategori perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa tergolong sangat baik. Persamaan regresi linear berganda dari hasil penelitian yaitû = 30,631 + 0,786X1 + 0,033X2. Pengujian hipotesis menggunakan uji simultan, setelah data dianalisis diperoleh nilai sig.(2-tailed) = 0,00< 0,05dan Fhitung= 32,851> 3,39= F tabel maka H0 ditolak,yang artinya kebiasaan belajar dan perhatian orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan secara simultan dari kebiasaan belajardan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika pokok bahasan aritmatika sosial padasiswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 30 Sep 2021 03:11
Last Modified: 30 Sep 2021 03:11
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4254

Actions (login required)

View Item View Item