ULE, Verdilinda (2017) Upaya Memperkenalkan Tarian Laba Sesekreasi Melalui Metode Meniru Dan Drill Pada Siswa-Siswi Minat Tari Kelas VIII SMP Negri 08 Kupang Tahun 2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
abstrak baru.pdf Download (452kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (263kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (228kB) |
Abstract
SMP Negeri 08 Kupang merupakan salah satu sekolah yang memiliki kegiatan Ekstarkurikuler antara lain seni tari tradisional. Penulis berkeinginan memperkenalkan tarian Laba Sesekreasi pada siswa kelas VIII minat tari menggunakan metode drill. Hal yang melatar belakangi penulisan ini adalah siswa –siswi belum mengenal tarian dari berbagai etnik termasuk tarian Laba SeseKreasi dari etnik Bajawa. Permasalahan di dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru memperkenalkan kepada siswa-siswi minat tariLaba SeseKreasi pada kegiatan Ekstrakurikuler menggunakan metode drill. Adapun tujuan penelitian adalah Untuk mendeskripsikan upaya-upaya yang ditempuh dalam memperkenalkan gerak tari LabaS esekreasi kepada siswa–siswi minat tari sebagai kegiatan Ekstrakurikuler. Pendekatan yang dilakukan yakni pendekatan kualitatif, metode yang digunakan adalah penelitian tindakan lapangan, dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan keterampilan siswa-siswi minat tari SMP Negeri 08 Kupang memperaktekan tarian Laba Sesekreasi melalui metode drill, dengan latihan yang dilakukan secara berulang –ulang. Dalam Proses ini peneliti memperkenalkan gerak tari Laba SeseKreasi dalam lima kali pertemuan, Pertemuan pertama menjelaskan tentang pembelajaran keseluruhan Laba Sesekreasi mulai dari musik pengiring, pakaian, sejarah atau sinopsis tarian Laba Seseitu sendiri. Danpada pertemuan kedua menjelaskan pola lantai pertama sampai ketiga diikuti latihan ragam gerak 1-3. Pertemuan ketiga menjelaskan pola lantai, ragam gerak ke empat dan kelima. Pertemuan keempat melakukan pengulangan ragam gerak pertama sampai kelima dengan menggunakan iringan. Pertemuan kelima pementasan tarian Laba SeseKreasi. Kesulitan yang dihadapi pada saat melakukan pengajaran yaitu subjek peneliti selalu lupa gerakan dan susah untuk menyesuaikan gerakan dengan iringan. Upaya yang dilakukan peneliti yaitu dengan terus memberikan peringatan dan contoh, kemudian dilatih secara berulang ulang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > M Music |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik |
Depositing User: | SH Yakobus Naben |
Date Deposited: | 30 Sep 2021 05:35 |
Last Modified: | 03 Nov 2022 06:47 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4272 |
Actions (login required)
View Item |