Deskripsi Penerapan Pendekatan Discovery Learning Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sifat Koligatif Larutan Kelas XII MIPA 5 Di SMAN 6 Kupang Berdasarkan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Tahun Ajaran 2019/2020

TOYO, Ivandi (2020) Deskripsi Penerapan Pendekatan Discovery Learning Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sifat Koligatif Larutan Kelas XII MIPA 5 Di SMAN 6 Kupang Berdasarkan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
abstrak pdf fixx.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB I pdf fix.pdf

Download (40kB)
[img] Text
BAB II pdf fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] Text
BAB III pdf fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Text
BAB IV pdf fix.pdf

Download (32kB)

Abstract

Pendekatan discovery learning adalah suatu pendekatan penemuan yang mendorong peserta didik untuk mengembangkan cara belajar yang aktif dengan konsep- konsep dan prinsip-prinsip untuk menemukan sendiri, menyelidiki sendiri. Tujuan (1) untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi sifat koligatif larutan kelas XII MIPA 5 di SMAN 6 Kupang pada Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) tahun ajaran 2019/2020, (2) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi sifat koligatif larutan kelas XII MIPA 5 di SMAN 6 Kupang pada Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) tahun ajaran 2019/2020. Penulisan makalah ilmiah ini berdasarkan pengalaman penulis selama mengikuti Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di SMAN 6 Kupang pada tahun 2019. Metode yang digunakan dalam penulisan makalah ini adalah metode deskriptif kuantitatif dan kulitatif serta data yang digunakan adalah data primer. Hasil kajian makalah ini adalah: 1) Deskripsi kemampuan guru yaitu; Guru mampu mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi sifat koligatif larutan peserta didik kelas XII MIPA 5 SMAN Kupang tahun ajaran 2019/2020 sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 2) Adapun perolehan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi sifat koligatif larutan kelas XII MIPA 5 SMAN 6 Kupang adalah 77.70 dan dinyatakan tuntas karena perolehan hasil belajar peserta didik lebih besar dari Krtiteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan di SMAN 6 Kupang yakni 75. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan discovery learning pada materi sifat koligatif sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 27 Oct 2021 02:16
Last Modified: 27 Oct 2021 02:16
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4553

Actions (login required)

View Item View Item