TOYO, Ivandi (2020) Deskripsi Penerapan Pendekatan Discovery Learning Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sifat Koligatif Larutan Kelas XII MIPA 5 Di SMAN 6 Kupang Berdasarkan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.
Text
abstrak pdf fixx.pdf Download (189kB) |
|
Text
BAB I pdf fix.pdf Download (40kB) |
|
Text
BAB II pdf fix.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
|
Text
BAB III pdf fix.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
|
Text
BAB IV pdf fix.pdf Download (32kB) |
Abstract
Pendekatan discovery learning adalah suatu pendekatan penemuan yang mendorong peserta didik untuk mengembangkan cara belajar yang aktif dengan konsep- konsep dan prinsip-prinsip untuk menemukan sendiri, menyelidiki sendiri. Tujuan (1) untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi sifat koligatif larutan kelas XII MIPA 5 di SMAN 6 Kupang pada Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) tahun ajaran 2019/2020, (2) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi sifat koligatif larutan kelas XII MIPA 5 di SMAN 6 Kupang pada Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) tahun ajaran 2019/2020. Penulisan makalah ilmiah ini berdasarkan pengalaman penulis selama mengikuti Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di SMAN 6 Kupang pada tahun 2019. Metode yang digunakan dalam penulisan makalah ini adalah metode deskriptif kuantitatif dan kulitatif serta data yang digunakan adalah data primer. Hasil kajian makalah ini adalah: 1) Deskripsi kemampuan guru yaitu; Guru mampu mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi sifat koligatif larutan peserta didik kelas XII MIPA 5 SMAN Kupang tahun ajaran 2019/2020 sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 2) Adapun perolehan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi sifat koligatif larutan kelas XII MIPA 5 SMAN 6 Kupang adalah 77.70 dan dinyatakan tuntas karena perolehan hasil belajar peserta didik lebih besar dari Krtiteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan di SMAN 6 Kupang yakni 75. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan discovery learning pada materi sifat koligatif sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama |
Date Deposited: | 27 Oct 2021 02:16 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 02:16 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4553 |
Actions (login required)
View Item |